• Ahmad Rifai

Macam-macam Produk yang Dihasilkan Offset Printing


Selain Digital Printing, Offset Printing juga banyak diminati karena bisa memberikan hasil cetak yang memuaskan dan diinginkan. Membahas pengertian Cetak Offset, perlu Anda ketahui bahwa Cetak Offset adalah teknik pencetakan yang menggunakan gambar yang terlebih dahulu ditransfer ke pelat offset berupa lembaran karet.


Saat proses pencetakan dilakukan, maka akan menggabungkan proses litografi dimana proses ini didasarkan pada sifat minyak dan air yang tidak bisa bercampur. Teknik cetak offset nantinya akan menggunakan flat image loader dan mencetaknya dengan mengambil tinta dari rol tinta. Sedangkan untuk bagian yang tidak tercetak akan menarik air sehingga bebas tinta.


Pada proses Cetak Offset yang melibatkan tinta basah harus melalui proses pengeringan sehingga membutuhkan waktu yang lama agar media cetak benar-benar kering. Cara cetak ini biasanya digunakan untuk mencetak dalam jumlah banyak.


Bisa dikatakan Offset Printing merupakan teknik cetak yang paling ekonomis namun tetap mempunyai kualitas hasil yang tinggi.


Jasa cetak offset semakin banyak dicari oleh masyarakat yang ingin mencetak wobbler dan kemasan produk dalam jumlah banyak. Berbeda dengan digital printing, teknik offset atau offset mengandalkan mesin yang lebih besar dalam proses pencetakannya.


Meski begitu, media dan alat yang digunakan telah memanfaatkan teknologi terkini untuk mengimbangi tingginya permintaan yang masuk. Jadi, Anda tidak perlu lagi meragukan kualitas cetak offset yang lebih bersahabat dari segi harga. Selain itu, metode pencetakan ini juga dapat menghasilkan produk seperti:

Macam-macam Produk yang Dihasilkan Offset Printing

  • Spanduk

Produk ini merupakan jenis yang paling umum dan digunakan sebagai media promosi. Anda dapat memesan spanduk dengan berbagai ukuran dan desain dari penyedia jasa cetak offset tanpa khawatir dengan kualitas hasil akhirnya.


Pasalnya, mesin yang diandalkan dalam percetakan ini mampu menghasilkan cetakan yang tajam dan jernih pada media yang kasar dan tebal. Alhasil, pesan yang ingin Anda sampaikan melalui spanduk akan mencapai target pasar.

  • Kantong kertas

Program pengurangan kantong plastik yang serba cepat membuat permintaan kantong kertas meningkat drastis. Sejumlah produsen juga memanfaatkannya sebagai lahan bisnis yang menguntungkan.


Dalam hal ini, Anda bisa menggunakan cetak offset sebagai mitra jika jumlah pesanan paperbag terus meroket. Langkah ini juga dapat membantu penyedia jasa percetakan untuk mendaur ulang limbah atau limbah dari produknya menjadi kantong kertas atau kotak kemasan yang ramah lingkungan.

  • Spanduk Y&X

Berbeda dengan spanduk biasa, spanduk y dan spanduk x memiliki desain dan ukuran yang lebih sederhana, karena akan ditempatkan di tempat yang fleksibel. Namun belakangan spanduk jenis ini juga digunakan pada acara-acara formal besar di kantor pemerintahan karena mudah dibawa kemana-mana.


Penyedia jasa cetak offset biasanya akan menyesuaikan desain banner dengan informasi yang ingin dicetak agar tetap terlihat oleh publik.

  • Tas belanja

Tas belanja atau shopping bag identik dengan ukuran yang besar dan desain yang minimalis. Anda akan sering menemukannya saat mengunjungi mall atau butik ternama. Namun, Anda juga bisa mengandalkan tas belanja sebagai bagian dari branding usaha kecil Anda dengan mencetaknya di mesin cetak offset.


Desain tidak perlu ramai, cukup merek dan kontak. Manfaatkan juga bahan daur ulang agar tas belanja tidak menjadi sampah yang merusak.

  • Wallpaper

Malas memoles dinding kamar dengan cat? Wallpaper merupakan salah satu alternatif pilihan yang banyak dipilih orang sebagai dekorasi ruangan. Karena wallpaper mudah dipasang atau dilepas. Harganya juga jauh lebih murah.


Uniknya lagi, Anda bisa mencetak wallpaper sendiri menggunakan jasa cetak offset. Berikan desain atau warna yang diinginkan beserta ukurannya, lalu tunggu wallpaper Anda siap.

  • Faktur

Faktur atau nota merupakan bagian penting dari proses transaksi keuangan. Faktur ini akan disimpan sebagai data sebagai bahan pembuatan laporan.

  • Brosur

Brosur merupakan produk offset printing yang biasa digunakan sebagai sarana promosi. Brosur umumnya berisi informasi atau penawaran yang berkaitan dengan produk atau jasa tertentu. Brosur dapat dicetak di atas kertas HVS, Art Paper, atau Matt Paper.