top of page
  • Ahmad Rifai

Alasan Jasa Percetakan Paling Diperlukan Orang


Percetakan Jakarta, Percetakan Bandung, dan berbagai perusahaan percetakan kota besar lainnya dapat menjadi perusahaan yang mampu bergerak dengan tingkat ekonomi yang tinggi. Pasalnya, tentu saja kebutuhan masyarakat akan digital printing semakin meningkat dari waktu ke waktu.


Apalagi di zaman sekarang yang serba instan dan praktis. Kehadiran percetakan atau printing secara otomatis sangat dibutuhkan. Pencetakan adalah upaya mencetak segala sesuatu yang dirancang untuk memudahkan manusia mengenali barang atau informasi yang tersimpan.


Saat ini masyarakat akan berusaha semaksimal mungkin untuk memperkenalkan barang atau informasinya agar mudah diterima dan dikenal oleh masyarakat. Jadi berapa banyak papan informasi yang bisa dilihat di pinggir jalan.


Mengapa Jasa Percetakan Sangat dibutuhkan?


Mulai dari cetak Agenda, brosur, cetak kop surat, dan juga cetak Paperbag, semuanya dibutuhkan masyarakat untuk meningkatkan rating penjualannya di tengah masyarakat yang membutuhkan.


Bahkan seorang pengusaha rela mengeluarkan uang dalam jumlah besar agar produknya cepat dikenal dan menjadi favorit masyarakat. Kebutuhan akan percetakan menjadi salah satu komoditi dengan tingkat ekonomi tertinggi di pasaran selain kebutuhan pokok dan lain-lain. Dari perspektif lain, berikut adalah beberapa alasan mengapa percetakan menjadi salah satu komoditas unggulan di pasar.


1. Praktis Dan Efisien

Tujuan utama percetakan tentu saja untuk mempermudah dan mempercepat pekerjaan manusia. Apalagi di era modern sekarang ini dimana segala macam informasi bisa mulai dicetak dan dibuat secara terpisah dan seefisien mungkin. Pada zaman dahulu ketika tidak ada cetakan, tentu saja, seseorang harus menggambar dengan tinta dan alat tulis sederhana.


Pasti hasilnya tidak akan maksimal. Belum lagi jika jumlahnya banyak tentunya tidak akan sama antara kertas yang satu dengan yang lainnya dan tentunya akan memakan waktu yang lama. Oleh karena itu, dengan kemudahan dan efisiensi waktu yang digunakan, kepraktisan dan efisiensi menjadi alasan untuk memilih salah satu komoditas tertinggi di pasaran.


2. Media Promosi yang Efektif

Banyaknya orang yang lalu lalang di tempat-tempat umum seperti mall, jalan raya, angkutan umum membuat tempat-tempat tersebut memiliki prospek untuk dijadikan tempat promosi. Misalnya saat kita jalan-jalan di mall, banyak stiker media cetak yang menempel di area eskalator, lantai atau lift. Tidak hanya stiker, ada banyak produk printing yang bisa digunakan untuk berpromosi di tempat umum.


3. Hasil Maksimal

Selanjutnya, tentu saja, adalah hasilnya. Dengan menggunakan percetakan hasil yang akan dicapai adalah hasil yang sama dengan desain yang telah dibuat. Di masa lalu, ketika menggunakan metode menggambar, itu tidak akan sedekat yang diinginkan, terutama dengan tenggat waktu yang akan datang.


Tapi itu hilang ketika menggunakan pencetakan sebagai metode pencetakan. Hasil yang didapat tentunya jauh dibandingkan dengan menggambar. Oleh karena itu, masyarakat selalu membutuhkan printer yang mampu mencetak sesuai dengan keinginannya. Selain itu hasil yang maksimal akan memberikan kepuasan kepada pelanggan dan menjadikan apa yang diberikan dan diharapkan dapat diterima dengan baik oleh masyarakat.


4. Desain sesuai keinginan

Sebuah desain yang sesuai dengan keinginan ini akan erat kaitannya dengan hasil yang maksimal dimana sebuah desain yang mampu mencetak sesuai keinginan merupakan indikator dari hasil yang maksimal. Saat ini desain bisa dibuat dengan komputer atau hanya dengan smartphone, sehingga akan sangat memuaskan jika hasil yang diberikan sesuai dengan yang diinginkan dan ditampilkan di komputer.


Desain ini akan mempengaruhi tingkat kepuasan pelanggan sehingga tidak salah jika percetakan selalu menjadi tujuan utama masyarakat ketika ingin mencetak desainnya. Inilah sebabnya mengapa percetakan tidak pernah sepi dari pesanan, baik dalam ukuran kecil maupun besar atau dalam jumlah kecil atau besar


5. Kebutuhan Label

Industri Label juga berkontribusi dan itulah sebabnya percetakan adalah salah satu komoditas tertinggi di pasar. Perkembangan industri UKM membuat kebutuhan akan label semakin bertambah setiap tahunnya, terutama bencana Covid-19 yang dihadapi oleh krisis ekonomi dunia, membuat industri ini mempercepat laju pertumbuhannya.


Ada banyak produk, mulai dari makanan hingga industri rumah tangga lainnya yang membutuhkan label sebagai salah satu bagian terpenting dari branding.


bottom of page