• Ahmad Rifai

Tips Rahasia Desain Kemasan Unik


Tips Rahasia Desain Kemasan Yang Unik - Ada sangat banyak faktor pendukung yang mempengaruhi Anda dalam berbisnis. Salah satu faktornya ialah desain kemasan yang Anda akan pilih. Kemasan merupakan salah satu bentuk penyampaian pesan yang baik. Dari kemasannya, Anda bisa menentukan warna, garis, logo, dan desain yang menarik sehingga bisa menonjolkan identitas produk. Kemasan juga mempengaruhi konsumen dalam menentukan pilihan.


Ketika melihat Desain Kemasan yang menarik, biasanya pembeli akan tertarik untuk mengetahui dan kemudian membeli produk Anda. Disadari atau juga tidak, kemasan produk merupakan salah satu bagian terpenting dari sebuah produk tersebut. Sebab, kemasan adalah wajah dari produk apa yang ada di dalamnya, dan bagian yang pertama kali menarik perhatian konsumen. Jika ada pepatah yang mengatakan jangan hanya melihat kemasan dalam sebuah bisnis, itu tidak berlaku.


Sebaliknya, kita harus membuat kemasannya sebaik mungkin agar konsumen tertarik. Sebagai contoh. Sebuah produk makanan dapat terlihat lebih menarik jika dikemas dengan rapi, dibandingkan dengan produk sejenis yang hanya dikemas menggunakan kantong plastik. Desain yang unik akan menarik perhatian konsumen, terutama yang bisa menjadi ikon produk sejenis.


Kemasan yang mudah diingat konsumen tentu akan menguntungkan produk itu sendiri. Bagaimana caranya agar konsumen tetap mudah menemukan produk Anda di tengah tumpukan produk lain yang sejenis. Itu merupakan tantangan tersendiri yang akan mempengaruhi turnover. Lalu apa kunci agar kemasan suatu produk menarik bagi konsumen?


Tips Membuat Desain Kemasan Unik


Desain Sederhana Namun Elegan

Ketika konsumen melihat desain kemasan yang rumit, biasanya mereka akan beralih ke pesaing. Yang perlu Anda lakukan adalah agar kemasan Anda memiliki desain yang unik, menarik, sederhana dan elegan. Tidak terlalu mencolok namun pesan yang dimuat dapat tersampaikan dengan jelas kepada pembeli.


Sederhana bukan berarti murah. Justru dari sederhana mampu menampilkan kesan elegan sehingga memiliki kesan menawan. Warna, font, dan pemilihan slogan merupakan bagian pendukung untuk membuat desain kemasan yang baik.


Garansi Pengemasan Bagus

Produk Anda bisa dikatakan bagus jika mampu menghadirkan kemasan yang menarik. Namun, menarik saja tidak cukup jika kemasan yang Anda tampilkan tidak melindungi produk dengan aman dan nyaman. Anda harus menilai bahwa produk yang Anda tawarkan kepada pembeli adalah produk yang bernilai. Jadi, pembeli tidak perlu khawatir barang rusak karena kemasan Anda.


Misalnya, Anda menjual jajanan berupa kerupuk. Jadi, Anda harus menyiapkan kemasan yang tahan lama agar tidak merusak kerupuk. Pastikan juga kemasan yang Anda buat kedap udara agar produk tidak cepat berjamur. Hal ini penting karena melalui logistik, daya tahan produk Anda akan diuji.


Kualitas Kemasan

Ketika Anda menganggap produk Anda berharga, yang perlu Anda perhatikan adalah kualitas kemasan yang baik, nilai tinggi, dan keandalan. Ketiganya saling terkait sehingga membuat identitas produk Anda semakin dipercaya oleh pembeli.


Anda tidak perlu membeli bahan yang mahal atau impor untuk mendapatkan kemasan yang berkualitas baik. Bahan lokal tidak kalah dengan impor. Bahan-bahan ini telah menghasilkan banyak desain kemasan yang baik, teruji, dan bernilai tinggi. Manfaatkan juga penggunaan stiker atau label dalam desain kemasan Anda.


Atur Tipografi

Desain visual penting bagi pembeli sehingga mengatur tipografi secara detail dan baik. Unsur-unsur dalam tipografi antara lain pemilihan warna, penggunaan font, dan gaya penulisan yang tidak berlebihan.


Anda perlu memperhatikan detail agar sesuai dengan identitas pada produk. Selain itu, tulisan yang Anda hasilkan langsung to the point. Jangan bertele-tele. Pembeli cenderung memperhatikan tulisan yang pendek tapi padat. Informasi yang disampaikan akurat sehingga menarik calon pembeli untuk menggunakan produk Anda.


Buat Desain Kemasan Edisi Khusus

Bagi pembeli yang setia dengan produk Anda biasanya akan berburu desain kemasan dengan edisi khusus. Anda bisa saja mengeluarkan edisi khusus dengan mengeluarkan embel-embel "terbatas". Hal ini akan membuat pembeli berlomba-lomba untuk mendapatkannya. Desain kemasan dalam edisi khusus perlu dibuat dengan stok yang terbatas.


Dengan demikian, pembeli akan menerapkan prinsip “siapa cepat, maka dia mendapat”. Selain itu, dengan memiliki edisi khusus, pembeli mendapatkan kebanggaan karena belum tentu edisi khusus tersebut akan hadir untuk kedua kalinya.


Demikian ulasan tentang, Mau Buat Banner? Tips Memilih Tempat Printing Terbaik. Semoga bermanfaat.