• Ahmad Rifai

Tips Printing Buku Terbaik Untuk Pemula


Tips Printing Buku Terbaik Untuk Pemula - Bagi Anda yang masih pemula dalam menulis buku, tidak perlu minder untuk memulai menulis. Tidak ada salahnya mencari tahu cara menulis dan Printing yang baik. Beberapa orang yang suka menulis benar-benar tidak tahu bagaimana memulainya, ada juga yang bingung dengan masalah penerbitan. Printing buku di penerbit terkadang merupakan fase yang memakan waktu lama, apalagi jika buku tersebut akan diterbitkan ke masyarakat luas.


Namun jika Anda ingin memberikan buku tersebut kepada kerabat atau teman terdekat, tidak ada salahnya Anda Printing buku sendiri. Namun sebelum Printingnya ada beberapa hal yang perlu diketahui. Berikut adalah Tips Printing Buku Terbaik untuk pemula yang perlu Anda ketahui.


Tips Printing Buku Terbaik Untuk Pemula


Mempertimbangkan Ukuran Buku

Bagi pemula yang baru pertama kali Printing buku, tentunya ingin memberikan tampilan terbaik pada bukunya. Namun jika Anda mengira bahwa Anda memberikan isi sebuah buku dalam jumlah banyak tanpa memikirkan ukurannya, Anda salah besar. Anda perlu mengetahui ukuran yang sesuai, kemudian isi dalam buku tersebut disesuaikan agar pembaca lebih tertarik dengan buku yang Anda cetak dan pembaca lebih nyaman saat membaca buku tersebut.


Memilih Desain Buku Yang Tepat

Memilih desain sebelum Printing buku adalah hal yang paling penting dan utama untuk dilakukan. Pemula dapat melihat desain buku lain dari pesaing atau penulis lain. Namun cobalah untuk membuat desain yang berbeda, juga belajar memilih font yang baik untuk digunakan sebelum Printing. Memilih font yang tepat dapat membuat buku lebih mudah dibaca.


Memilih Konten Dalam Buku

Banyaknya pilihan bahan isi buku yang tersedia membuat Anda harus menentukan kualitas kertas yang bagus, semakin bagus kualitas kertasnya maka semakin mahal harganya. Banyaknya jumlah halaman yang akan dicetak juga akan mempengaruhi harga, semakin banyak halaman yang dicetak maka harganya semakin murah dan sebaliknya. Berikut adalah beberapa opsi kertas yang tersedia untuk konten buku :

  • Kertas HVS Kertas

Kertas HVS adalah kertas yang biasa digunakan untuk Printing buku. Bahan kertas sederhana ini menjadi daya tarik tersendiri. Untuk jenis kertas yang satu ini pasti anda sering melihat bahan kertas HVS ini. Kertas ini sama dengan kertas buku pelajaran, selain itu kertas jenis ini cenderung lebih murah.

  • Kertas Buram (Kertas Buku)

Kertas Buku adalah kertas yang lebih baik daripada kertas HVS, Kertas Seni, Kertas Mate. Kertas Buram (Book Paper) adalah jenis kertas yang lebih ringan untuk dicetak, Kertas Buku ini merupakan kertas import yang harga kertasnya cenderung lebih mahal dari kertas biasa.


Siapkan Anggaran (Biaya)

Ini yang terpenting, siapkan budget (biaya) saat ingin Printing buku. Harga tersebut tentunya disesuaikan dengan jumlah halaman buku dan jumlah cetakan yang Anda pesan. Biasanya semakin banyak Anda memesan cetakan, semakin murah harganya, sebaliknya semakin sedikit Anda memesan cetakan, semakin mahal harganya. Untuk yang satu ini sebaiknya berkonsultasi atau mencari informasi sebanyak-banyaknya terlebih dahulu ke perusahaan percetakan. Anda bisa menghubungi percetakan dan menanyakan berapa biayanya sesuai keinginan Anda.


Memilih Tempat Percetakan

Printing buku tidak boleh salah tempat pencetakan, hasil cetakan harus berkualitas tinggi, bukan karena mendapatkan harga yang murah justru akan menurunkan kualitas hasil cetak. Untuk itu Anda harus memilih printer yang dapat Printing buku sesuai dengan kebutuhan Anda. Pilih printer yang memiliki mesin finishing terbaik karena akan mempengaruhi hasil akhir buku Anda.


Membayar Biaya Cetak

Umumnya, pencetakan memerlukan deposit atau pembayaran di muka untuk pencetakan buku. Namun, tak sedikit juga yang meminta untuk membayar biaya jasa percetakan buku. Setelah Anda selesai mengelola, Anda dapat mulai Printing buku Anda.


Menentukan Desain Sampul

Dalam Cara Printing Buku Sendiri, Anda juga perlu mengetahui bahwa sampul buku mendukung tampilan isi buku. Sementara kualitas sebuah buku tidak ditentukan dari sampulnya, tampilan buku yang kurang menarik juga mengurangi minat beli. Buat cover semenarik mungkin. Pencetakan sesuai permintaan juga akan membantu mengoptimalkan desain eksterior buku sebanyak mungkin.


Anda cukup menuangkan konsep yang diinginkan atau juga menyerahkan sepenuhnya kepada perusahaan percetakan tersebut. Tentu saja, jika Anda mengirimkan desain lengkap ke penerbit, tentunya ada biaya tambahan. Ukuran buku juga menentukan harga. Sistem dan juga jenis penjilidan, tingkat penyajian buku seperti sampul juga akan menentukan harganya tersebut.


Demikian ulasan tentang, Tips Printing Buku Terbaik Untuk Pemula. semoga bermanfaat.