• Ahmad Rifai

Printing Offset Mempermudah Pengerjaan Kantoran


Fungsi percetakan dalam dunia bisnis. Tidak dapat dipungkiri bahwa dalam dunia bisnis kita membutuhkan percetakan. Apa sebenarnya percetakan itu? Singkatnya, pencetakan adalah proses industri untuk produksi massal gambar dan tulisan, terutama menggunakan tinta pada media, yang dilakukan dengan mesin cetak khusus.


Sebelum era digital seperti sekarang ini, percetakan menjadi salah satu peralatan yang berhubungan dengan media informasi seperti koran, buku, dan majalah. Namun dengan berkembangnya zaman.


Bagaimana Printing Offset Mempermudah Pengerjaan Kantoran?

Mesin cetak juga berfungsi untuk mencetak banner, brosur, company profile, flyer, foto dan lain-lain. Media yang digunakan tidak selalu kertas, tetapi juga kain dan bahan lainnya. Saat ini percetakan juga sudah menjadi salah satu bentuk usaha yang dilakukan oleh sejumlah orang.


Adanya percetakan akan memudahkan konsumen dalam memenuhi kebutuhannya. Ada spanduk atau spanduk, sertifikat, stiker, undangan pernikahan, kartu nama, agenda, kartu nama, souvenir dan banyak hal lain yang membutuhkannya seperti souvenir berupa pulpen, USB dan payung.


Singkatnya, fungsi pencetakan adalah keahlian khusus sejumlah orang untuk membuat salinan gambar atau tulisan pada media yang memiliki permukaan datar dan dilakukan dengan menggunakan mesin cetak. Dengan demikian gambar atau tulisan dapat ditampilkan dengan jelas pada media yang digunakan.


Setelah mengetahui apa itu printing, ternyata di bidang yang satu ini ada berbagai jenis printing yang bisa diterapkan yaitu dengan Digital Printing dan juga Offset Printing. Hal seperti ini sering dipilih oleh pengguna jasa. Ada juga penyedia jasa yang menawarkan metode pencetakan agar suatu produk dibuat dengan maksimal.


Jika Anda masih merasa bingung dan tidak terbiasa dengan pencetakan menggunakan metode Digital Printing dan Offset Printing, maka tidak perlu khawatir. Anda bisa mengetahui apa fungsi Digital Printing dan Offset Printing untuk mendapatkan informasi lebih lanjut dan produk apa saja yang bisa dihasilkan melalui kedua cara tersebut, berikut ulasannya.


Fungsi Pencetakan Digital Printing

Sebagian dari kita mungkin pernah mendengar tentang Digital Printing. Namun, ada juga yang masih mempertanyakan apa itu Digital Printing?



Fungsi mudah dari digital printing adalah menggunakan hasil desain dalam format warna CMYK atau gambar digital yang ada kemudian menggunakan mesin untuk mencetak gambar atau teks tersebut langsung pada media yang ditentukan.

Beberapa contoh produk yang biasanya dicetak menggunakan metode Digital Printing adalah spanduk, spanduk, baliho atau baliho, neonbox, backdrop, poster, spanduk, produk fotografi dan stiker.


Pencetakan Offset

Cetak Offset adalah percetakan yang menerapkan cara mencetak gambar atau tulisan menggunakan mesin cetak dengan tinta basah dan membutuhkan waktu untuk proses pengeringan hasil cetakan.


Tahap Offset Printing dimulai dengan persiapan media yang akan dicetak (Kertas), kemudian menyiapkan gambar atau teks yang akan dicetak dan dipindahkan ke piring terlebih dahulu. Setelah itu, pelat baru dipindahkan kembali ke lapisan karet.


Jika Anda memiliki gambar atau tulisan ini, pindahkan saja ke permukaan media yang telah disetel. Cetak Offset sangat cocok untuk mencetak dalam skala besar. Dalam perkembangannya, percetakan online semakin menjamur di Indonesia.


Manfaat percetakan online dapat memudahkan Anda dalam mencari vendor percetakan terutama dalam menghemat waktu dalam mencari vendor percetakan. Jika vendor langganan Anda memiliki pencetakan online maka ini akan sangat membantu.

  • Siap Kapan Saja

Beberapa dukungan pelanggan yang ditawarkan di perusahaan percetakan online bahkan dapat mencapai 24/7, artinya mereka dapat dihubungi kapan saja sepanjang hari. Salah satu alasannya adalah bahwa perusahaan percetakan online mengetahui bahwa orang-orang dari seluruh dunia yang datang dari zona waktu yang berbeda.


Mungkin memerlukan layanan pencetakan atau hanya mencari informasi harga. Inilah sebabnya mengapa situs web memasang alat yang memungkinkan Anda mengetahui bahwa petugas dukungan pelanggan sedang online untuk menjawab pertanyaan Anda.

  • Pencetakan online

Mereka juga dapat memberikan dukungan teknis. Selain menjawab pertanyaan tentang apa yang dapat mereka lakukan, sistem dukungan online ini juga dapat bertindak sebagai layanan dukungan teknis Anda.


Bahkan setelah pesanan diterima, Anda masih dapat dengan mudah menghubungi customer support jika ada hal-hal yang memerlukan klarifikasi mengenai barang atau pesanan yang diterima.

  • Kredibilitas Perusahaan yang Transparan

Baik saat mencetak brosur, kartu nama, atau produk percetakan lainnya. Hal pertama yang harus diketik