• Ahmad Rifai

Printing Offset Dinilai Lebih Mudah dan Efisien


Mesin offset merupakan mesin konvensional yang masih banyak digunakan di Indonesia. Cetak offset digunakan untuk mencetak dalam jumlah banyak seperti buku, koran, dan kebutuhan jurnal lainnya. Selain itu teknik cetak ini juga digunakan untuk kebutuhan komersial seperti flyer, poster, brosur, spanduk dan lain-lain.


Harusnya di era digital ini mesin cetak offset masih digunakan karena dalam jumlah banyak, menggunakan mesin offset masih menjadi pilihan yang lebih hemat. Namun, dalam beberapa dekade terakhir, mesin digital printing menjadi primadona dalam industri grafis karena banyak keunggulan dan kelebihannya dibandingkan dengan mesin konvensional.


Informasi yang sangat menarik adalah printing offset dinilai lebih mudah dan efisien dalam beberapa hal seperti kertas, waktu, serta biaya.


Apa Saja keuntungan Printing Offset?


1. Menurunkan biaya persiapan cetak.

Proses dalam digital printing sangat mudah. Tidak seperti mesin offset yang masih membutuhkan plat untuk mencetak, mesin digital bisa mencetak langsung dari file. Seperti printer desktop kami.


Yang perlu Anda lakukan adalah melakukan beberapa pengeditan untuk memberikannya Bleed dan meneruskannya ke printer, dan dalam hitungan detik, mesin dapat menghasilkan cetakan yang sempurna.


Dari sudut pandang operator, mesin digital tidak memerlukan keahlian untuk pengaturan warna, pengaturan warna disediakan dalam perangkat lunak mesin, sehingga dapat diubah dengan mudah oleh operator mesin.


Berbeda dengan mesin offset, pengaturan warna dalam pencetakan sangat bergantung pada jam terbang operator, sehingga bagi operator baru sangat sulit mendapatkan warna yang sesuai dengan keinginan pelanggan.


2. Waktu cetak lebih cepat.

Karena mesin digital memiliki mekanisme seperti printer kantor, kecepatan mencetak lebih efisien dibandingkan mesin offset yang sangat mengandalkan operator. Hal ini tentu saja membuat pelanggan Anda lebih senang karena cetakan yang dipesan bisa selesai lebih awal.


Dan dari sisi perusahaan, Anda dapat memberikan pelayanan yang cepat kepada pelanggan Anda, dan tentunya dengan harga yang lebih premium.


3. Pesanan khusus.

Digital printing dapat mencetak gambar yang berbeda sehingga memungkinkan pelanggan untuk mencetak dengan memberikan nama yang berbeda pada hasil cetak seperti kartu nama, poster, sertifikat, agenda, dan lain-lain.


4. Kualitas cetak tinggi.

Saat ini mesin digital menawarkan resolusi pencetakan yang mendekati offset, kecepatan cepat, ukuran cetak besar, dan harga yang semakin kompetitif. Software yang terdapat pada mesin cetak digital semakin bagus.


Karena dapat mencetak mendekati warna pantone sehingga pelanggan perusahaan besar dapat mencetak sesuai dengan warna yang diinginkan. Mungkin dalam hal variasi warna, mesin digital lebih baik daripada mesin offset.


5. Biaya.

Tentu jika berbicara soal biaya, mesin digital printing adalah jawabannya. Saat ini, dengan kemajuan industri desain, kecenderungan pelanggan untuk mencetak lebih sedikit tetapi lebih berulang.


Hal ini membuat mesin digital printing lebih diminati pelanggan karena untuk mencetak sedikit mesin digital printing memiliki biaya yang lebih murah dibandingkan dengan mesin offset.


7. Cetakan kreatif.

Karena digital printing bisa mencetak secara individual, terbuka bagi orang untuk membuat produk kreatif seperti bingkai foto, kado, kartu ucapan unik dan lain-lain. Tentu hal ini tidak bisa dilakukan dengan mesin offset yang membutuhkan pencetakan dalam jumlah banyak.


Selain hemat waktu, yang terpenting adalah Anda harus memikirkan budget yang akan Anda keluarkan untuk proses pencetakan. Inilah mengapa penting untuk mempertimbangkan harga mesin cetak offset dan mesin cetak digital.


Jika Anda membutuhkan pencetakan dalam jumlah besar di atas 5.000, maka pilihan terbaik adalah mesin cetak offset. Sedangkan jumlah cetakan dari mesin digital printing sendiri lebih bersifat kustomisasi, mulai dari mencetak 1 pcs dan seterusnya.


Sedangkan digital printing memiliki sistem print on demand, artinya proses pencetakan sesuai dengan kebutuhan pengguna. Menggunakan mesin cetak offset atau digital printing tentunya menawarkan kelebihan dan kekurangan masing-masing.


Jadi untuk memilih yang terbaik sesuai dengan kebutuhan Anda. Selain memakan waktu yang lama, pencetakan untuk mesin cetak offset membutuhkan biaya yang sangat besar jika pencetakan hanya dalam jumlah sedikit.


Oleh karena itu, harga mesin cetak offset umumnya untuk pencetakan dalam jumlah banyak di atas 500 set. Sebenarnya mesin cetak offset sendiri masih menawarkan indikator kualitas utama, warna lebih konsisten dan akurat, hanya saja lebih baik untuk kapasitas yang lebih besar agar harga mesin cetak offset bisa lebih hemat.