• Ahmad Rifai

Printing Offset Berkembang di Tengah Maraknya Teknologi


Printing offset adalah teknik pencetakan yang paling banyak digunakan di dunia. Karena harga pencetakan yang rendah dan kualitas produk cetak yang tinggi, digunakan dalam produksi kemasan, pencetakan komersial, pencetakan label dan produk pencetakan lainnya.

Konfigurasi dasar mesin printing offset terdiri dari satu unit pencetakan, mesin seperti itu disebut warna tunggal, sedangkan di perusahaan percetakan yang lebih besar kita dapat melihat mesin dengan delapan atau sepuluh unit pencetakan.


Dengan mesin ini dalam sekali cetak bisa di cetak dua sisi. Tergantung pada jenis media yang digunakan untuk pencetakan, mesin printing offset dibagi menjadi dua kelompok utama: mesin cetak sheetfed (mencetak pada lembaran kertas atau karton individual) dan mesin cetak web (mencetak pada gulungan kertas yang terus menerus).


Mesin press sheetfed paling sering digunakan untuk pencetakan komersial dan pencetakan kemasan, sedangkan mesin press web digunakan untuk pencetakan label (gulungan web sempit) atau dalam pencetakan koran rotasi offset.

Bagaimana Perkembangan Printing Offset di Tengah Maraknya teknologi?

  • Printing Offset tetap menjadi teknologi dominan di pasar

Bukan rahasia lagi bahwa percetakan offset, secara keseluruhan, adalah cabang yang matang tanpa pertumbuhan pasar. Kita semua telah mendengar dan membaca tentang bagaimana jumlah halaman cetak offset terus berkurang, menyebabkan pertempuran sengit di antara produsen mesin cetak offset.


Namun terlepas dari semua itu, teknologi offset masih mendominasi teknologi percetakan dunia yang menguasai hampir separuh konsumsi aplikasi cetak dunia. Menurut beberapa penelitian, pencetakan digital secara keseluruhan akan tumbuh menjadi 500 miliar halaman yang dicetak dengan teknologi digital.


Tetapi volume ini mewakili bagian yang sangat kecil dari total materi cetak di seluruh dunia. Tentu saja, pencetakan digital berkembang pesat, tetapi masih merupakan bagian kecil dibandingkan dengan bagian besar yang dicakup oleh teknologi printing offset.

  • Mesin offset generasi baru, cepat dan canggih

Di sisi lain, teknologi baru yang diterapkan pada mesin printing offset menghadirkan manajemen yang lebih mudah dan penggantian pelat yang lebih cepat, yang secara signifikan mengurangi waktu persiapan pesanan.


Ini memberikan dukungan kuat untuk pergantian pekerjaan yang sering dan produksi pesanan kecil yang hemat biaya. Harga plat juga telah diturunkan dan offset terus mengikuti pencetakan digital dalam memproduksi pesanan yang lebih kecil.


Mesin printing offset otomatis yang tinggi, selain kecepatan tinggi dan biaya produksi yang lebih rendah, memiliki limbah hingga enam kali lebih sedikit yang secara signifikan mempengaruhi profitabilitas seluruh produksi.


Kurangnya fleksibilitas dikaitkan dengan pergeseran "lambat" dalam teknologi offset dengan penggunaan tinta UV baru. Bahan yang dicetak dengan tinta UV langsung dari mesin cetak masuk ke proses finishing tanpa perlu pengeringan seharian di gudang dan pembeli terkadang dapat menerima pesanannya dalam beberapa jam setelah pesanan dibuat.


Solusi perangkat lunak cerdas juga telah merambah ke semua segmen proses produksi dari antarmuka pemesanan web-2-cetak, kontrol seluruh proses pencetakan dan penyelesaian hingga gudang otomatis dan pengiriman pelanggan.


Mesin offset generasi baru adalah perangkat canggih yang terhubung dengan departemen layanan di pabrik pembuat mesin ini. Memantau semua fungsi alat berat yang vital mengurangi waktu henti yang disebabkan oleh kegagalan dan berkontribusi pada interval servis yang lebih ekonomis.

  • Kuncinya adalah dalam menginvestasikan kembali

Pemilik mesin cetak hampir tidak mengalokasikan dana untuk modernisasi pabriknya. Hampir selalu ada kekurangan sumber daya untuk berinvestasi dalam mesin offset baru yang lebih ekonomis. Namun, menginvestasikan kembali adalah kunci untuk bertahan hidup di pasar.


Kombinasi mesin printing offset berkecepatan tinggi yang baru, penggantian pelat yang cepat, dan proses produksi yang dikendalikan perangkat lunak dapat secara efektif menentang proses pencetakan digital.


Keunggulan Printing Offset:

  • Ini menawarkan kualitas fotografi yang sangat baik.

  • Itu dapat dicetak pada semua jenis kertas.

  • Menolak penggunaan tinta khusus.

  • Ukuran kertas bisa lebih besar daripada di digital printing.

  • Memungkinkan Anda mencetak jumlah besar dengan biaya lebih rendah.

  • Untuk lari besar, model cetak offset jauh lebih cepat.

  • Memungkinkan duplikasi detail gambar yang setia.

  • Ini lebih cepat karena lebih sedikit waktu untuk menyiapkan pelat, dibandingkan dengan sistem pencetakan seperti gravure atau flexography.