• Ahmad Rifai

Pilih Jasa Offset Printing Terpercaya, ini cirinya!


Seiring berjalannya waktu, kebutuhan akan percetakan semakin tinggi. Terutama yang berkaitan dengan promosi suatu barang atau jasa. Keberadaan perusahaan percetakan sepertinya menjadi kebutuhan yang penting.


Salah satu yang sering digunakan adalah jasa offset printing. Offset printing adalah teknik pencetakan yang menggunakan media gambar terlebih dahulu, sebelum dipindahkan ke lembaran karet. Ada banyak perusahaan percetakan offset, namun jangan sampai salah memilih saat membutuhkan jasa tersebut.


Apa itu Offset Printing?

Offset printing adalah salah satu metode pencetakan yang paling banyak digunakan saat ini. Metode Offset Printing membutuhkan proses yang cukup lama untuk mendapatkan hasil cetak yang berbeda dari Digital Printing. Selain itu, ada beberapa prosedur yang harus dilalui jika ingin melakukan offset printing.


Metode pencetakan ini juga membutuhkan elemen pendukung seperti pelat dan karet agar gambar tercetak di permukaan media. Metode ini menggabungkan proses litografi dan ketidaktercampuran air dan minyak yang unik.


Format Cetak yang memerlukan Metode Offset Printing

Sejarah percetakan dimulai dengan ditemukannya mesin cetak oleh Johann Gutenberg pada tahun 1440-an. Pada akhirnya, penciptaan mesin ini berhasil membawa bangsa keluar dari “masa bayangan” karena bahan bacaan lebih mudah didapat. Sebelumnya, buku merupakan barang mahal karena proses pembuatannya yang rumit.


Perkembangan teknologi akhirnya membuat mesin cetak menjadi sangat modern. Meski begitu, penggunaan mesin cetak konvensional seperti Heidelberg SM52-4 dan Komori H-UV GL37 masih ada hingga saat ini. Memiliki kecepatan cetak CMYK yang mencapai 15.000 lembar per jam, produktivitas kerja dapat terus meningkat.


Metode pencetakan untuk offset printing dilakukan dengan mentransfer gambar bertinta dari pelat ke lembaran karet. Setelah itu, lembaran karet tersebut direkatkan ke permukaan media yang ingin dicetak.


Cara ini juga menggunakan pemuat gambar sejajar, gambar menggunakan tinta dari rol tinta. Sedangkan bagian yang tidak tercetak akan menarik udara sehingga bebas dari tinta. Metode pencetakan ini masih diterapkan pada beberapa kebutuhan pencetakan saat ini. Salah satunya adalah dengan media cetak iklan komersial.


Perlu diketahui, jenis media iklan di easy print bermacam-macam, mulai dari poster, brosur, flyer, leaflet, katalog, dan kartu nama. Mesin offset printing juga dapat digunakan untuk mencetak stiker, karton lipat, kalender, atau buku.


Ciri-ciri Jasa Cetak Offset Terpercaya

Jasa offset karton lipat, sering digunakan, sehingga perusahaan tersebar dimana-mana. Di antara semua perusahaan offset printing, carilah yang profesional dan terpercaya. Karena pasti tidak ingin menghabiskan waktu dan uang dengan sia-sia. Berikut ini adalah ciri-ciri jasa offset printing.


1. Reputasi perusahaan

Saat ini, sangat mudah untuk mencari informasi tentang perusahaan offset karton lipat,. Internet membuat segalanya lebih mudah. Melalui internet, Anda dapat menemukan informasi tentang testimoni atau ulasan dari pelanggan.


Dengan melihat testimonial tersebut, Anda bisa mendapatkan gambaran tentang kualitas perusahaan tersebut. Perusahaan offset printing profesional pasti akan membuat website untuk memperluas pasar konsumennya. Testimoni bisa dilihat di websitenya.


2. Harga yang ditawarkan

Harga menjadi salah satu pertimbangan sebelum memilih perusahaan offset printing. Meski begitu, harga bukanlah patokan utama. Ada baiknya memiliki harga yang murah, tapi lihatlah kualitas yang diberikan.


Ketika perusahaan offset printing memberikan harga yang murah, perlu dicurigai. Bandingkan dulu dengan yang lain. Jika harga di bawah standar pasar, lihat kualitas yang ditawarkan. Karena ada pepatah, ada harga ada bentuk. Jangan tergiur dengan harga murah, tapi dapatkan barang yang akan mengecewakan.


3. Perhatikan hasilnya

Perusahaan offset printing profesional biasanya akan menunjukkan contoh hasil cetak yang dilakukan. Perhatikan baik-baik semuanya, apalagi kalau bisa langsung ke percetakan.


4. Kualitas layanan

Tidak hanya dilihat dari kualitas hasil cetakan, tetapi juga melihat pelayanan yang diberikan perusahaan kepada pelanggan. Apalagi jika Anda hanya mengumpulkan informasi tentang perusahaan offset printing. Perusahaan profesional akan tetap ramah untuk memberikan penjelasan.


Nah, itulah dia pembahasan tentang ciri-ciri jasa offset printing terpercaya, semoga dengan adanya artikel ini bisa membantu dan bermanfaat bagi para pembaca.