• Ahmad Rifai

Perkembangan Teknologi Seiring Dengan Berkembangnya Dunia Printing


Dunia Printing atau mesin cetak yang saat ini mulai berkembang seiring dengan canggihnya teknologi,jika dulu kita hanya mengenal media massa dan pada jaman sekarang kita sudah sampai pada dunia internet yang jangkauannya lebih canggih.

Hanya melalui teknologilah media massa bisa eksis. Sementara interaksi interpersonal kita bersifat langsung, interaksi kita dengan pesan media massa bersifat tidak langsung, karena mereka membutuhkan teknologi atau "pihak ketiga" untuk memfasilitasi koneksi.

Bagaimana perkembangan dunia printing dari masa ke masa seiring semakin canggihnya teknologi?

Media Massa Cetak

Mesin cetak dan kemajuan teknologi selanjutnya yang terkait dengan pembuatan dan distribusi kertas menyebabkan berdirinya media cetak sebagai media massa pertama. Sementara kemampuan untuk menulis manuskrip dan bahkan mereproduksinya sudah ada sebelum revolusi cetak, proses seperti itu membutuhkan waktu dan keterampilan yang cukup besar, membuat buku dan manuskrip terlalu mahal untuk hampir semua orang di masyarakat kecuali yang paling istimewa dan mampu membeli. Dan terlepas dari munculnya banyak bentuk media massa lainnya, media cetak masih penting sebagai saluran informasi dan sebagai industri.

Buku

Ledakan percetakan jelas membuktikan bahwa percetakan adalah media massa pertama. Buku waktu itu seringkali lebih sedikit daripada hari ini, tetapi mereka masih merupakan bentuk komunikasi paling awal yang didistribusikan kepada massa, yang menyebabkan transformasi budaya dan sosial yang signifikan.

Koran

Koran, lebih dari buku, berfungsi sebagai kronik kehidupan sehari-hari dalam masyarakat kita, menyediakan liputan rutin peristiwa, baik bersejarah maupun duniawi, dan memungkinkan kita untuk belajar tentang peristiwa terkini di luar komunitas dan negara kita.

Majalah

Meskipun surat kabar adalah catatan pertama kehidupan sehari-hari di Amerika Serikat, majalah adalah media massa nasional pertama, menjangkau orang-orang di seluruh negara berkembang pada beberapa ratus tahun yang lalu. Meskipun jangkauan majalah membuat mereka menjadi media nasional pertama, mereka umumnya tidak berhasil, dan isi majalah awal tidak terlalu dihargai.

Tingginya biaya transportasi dan pengiriman membuat langganan majalah tidak terjangkau bagi kebanyakan orang, dan isinya sebagian besar terdiri dari cerita yang dicetak ulang dari surat kabar dengan esai sesekali tentang seni atau peristiwa terkini. Menjelang pertengahan ratusan tahun yang lalu, majalah mulai memainkan peran yang lebih sentral dalam masyarakat.

Media Massa Suara

Asal usul media massa berbasis suara, khususnya radio, dapat ditelusuri terutama pada penemuan dan penyebaran telegraf. Telegraf ditemukan oleh seorang pakar yang menemukan sistem titik dan garis yang dapat ditransmisikan melalui kabel telegraf menggunakan pulsa listrik, menjadikannya teknologi komunikasi satu-ke-satu yang hampir instan.

Kelahiran Radio Siaran

Ketika teknologi menjadi lebih praktis dan stabil, bisnis dan pemerintah mulai melihat nilai dalam memperluas perangkat ini dari aplikasi point to point atau person to person ke aplikasi one to many. Kemuudianmantan operator telegraf mengusulkan untuk menjadikan radio sebagai kebutuhan rumah tangga.

Media Massa Visual

Manusia suka menonton dan mendengarkan sesuatu pada saat yang bersamaan. Setidaknya selama puluhan tahun, manusia telah dihibur dan diinformasikan dengan menonton dan mendengarkan hal-hal yang terjadi di sekitar mereka.

Zaman Keemasan Televisi

Keberhasilan awal televisi sebagai media massa sebagian besar berasal dari format dan strategi pemrograman yang telah diuji dan digunakan oleh stasiun radio.

Televisi Kabel dan Satelit

Jaringan dan siaran televisi selamanya diubah oleh pertumbuhan teknologi kabel dan satelit. Meskipun media massanya masih sama (gambar bergerak yang dikirim dari satu tempat ke banyak perangkat televisi), persaingan yang meningkat menyebabkan perkembangan lebih lanjut dan perubahan cara kita, sebagai pengguna, berinteraksi dengan dan mengalami media.

Internet dan Media Digital

Era “ Internet dan media digital ” dimulai sekitar 32 tahun yang lalu dan berlanjut hingga hari ini. Alih-alih kertas menjadi media untuk buku, gelombang radio menjadi media untuk penyiaran suara, dan kabel menjadi media untuk televisi kabel, seseorang sekarang dapat membaca buku, mendengarkan radio, dan mengakses banyak acara televisi kabel di Internet.