• Ahmad Rifai

Pentingnya Percetakan Offset Printing untuk Bisnis


Teknik percetakan offset printing sudah banyak digunakan di industri yang membutuhkan hasil cetak berkualitas tinggi. Misalnya industri majalah, buku, koran, brosur, dan alat tulis yang sering Anda temukan. Dalam prosesnya, bahan yang akan dicetak dipindahkan dari pelat ke lapisan karet dan kemudian dicetak di permukaan bahan.


Karena percetakan dengan teknik cetak offset menggunakan tinta basah, maka dibutuhkan waktu pengeringan yang tidak instan setelah proses pencetakan selesai. Selain itu, berikut adalah keuntungan mencetak dengan teknik offset untuk bisnis Anda.

Apa Keuntungan Percetakan Offset Printing untuk Bisnis?

  • Lebih banyak kemampuan pencetakan

Mencetak dengan teknik cetak offset memang tidak sederhana atau mudah. Meskipun file materi yang akan dicetak sudah ada di komputer, namun tidak dapat dicetak secara otomatis pada materi.


Dibutuhkan proses transfer dari file digital ke pelat logam dan kemudian dapat dicetak pada bahan. Cat yang digunakan juga cat basah, sehingga membutuhkan waktu yang lama untuk kering.


Namun, upaya ekstra ini sepadan dengan kemampuan cetaknya yang mampu memenuhi kebutuhan skala besar. Ketika bahan telah dipindahkan ke pelat logam, pelat ini akan digunakan untuk mencetak warna dari teks dan gambar ke bahan.


Dengan setiap pencetakan, operator mesin offset akan mengontrol aliran tinta dengan memutar tombol untuk memastikan kualitas cetak tetap pada tingkat yang optimal. Artinya, proses pencetakan tidak akan terganggu. Meski dalam jumlah banyak, tetap bisa dilakukan dalam waktu yang lebih singkat dengan kualitas yang konsisten.


  • Lebih hemat biaya

Salah satu keunggulan utama cetak offset jika dibandingkan dengan pencetakan lainnya, termasuk pencetakan digital, adalah biaya rendah untuk cetakan berkualitas tinggi. Bahkan, semakin banyak pesanan untuk cetak offset, semakin murah harganya.


Kualitas cetak yang tinggi dengan harga yang terjangkau sangat memungkinkan dalam industri percetakan offset. Selama bahan, isi, dan desain yang akan dicetak sama, biaya cetak akan lebih hemat.


Ini karena satu file desain hanya membutuhkan satu pelat logam yang dicetak. Ketika dicetak menjadi pelat logam, pelat tersebut digunakan dalam produksi massal. Prosesnya, komputer membuat gambar di piring, kemudian piring digunakan untuk mencetak gambar berkali-kali pada media yang dipilih.

  • Berbagai pilihan bahan cetak

Bila Anda menggunakan printer biasa untuk mencetak, media yang dapat dipilih terbatas pada kertas. Tentu hal ini akan menyulitkan ketika Anda ingin mencetak bahan di atas bahan lain. Namun, jika Anda menggunakan mesin cetak offset untuk mencetak, berarti Anda memiliki lebih banyak pilihan media cetak.


Mesin cetak offset dapat menampung bahan cetak pada berbagai media. Misalnya, mencetak di atas kulit, kain, berbagai macam kertas dan stok kartu, vinil, plastik, kayu, hingga logam. Anda dapat membuat proyek unik untuk promosi bisnis di media yang tidak terbatas pada kertas.


Tinggal serahkan bahan yang akan dicetak beserta media yang diinginkan, maka industri percetakan offset akan melakukannya untuk Anda.

  • Kualitas gambar terjamin

Dengan memilih cetak offset, Anda dapat mengharapkan gambar berkualitas tinggi, tajam, dan jernih. Namun, kualitas cetak yang baik ini perlu didukung dengan file desain beresolusi tinggi juga. Karena, tidak mungkin untuk cetakan offset berkualitas tinggi tetapi desain digital resolusi rendah.


Selama file desain Anda berkualitas tinggi, pencetakan offset dapat digunakan untuk mengatur dan mencari warna secara manual. Misalnya, mencocokkan warna dengan sistem pencocokan Pantone dan mencampur warna dalam palet yang sama. Ketika Anda sudah mendapatkan pencampuran warna yang diinginkan, operator akan mencetak file.


Mengapa Materi Cetak Penting Bagi Bisnis Anda?

Anda tidak perlu diberi tahu bahwa bisnis saat ini memerlukan kehadiran online dan beberapa bentuk keterlibatan dengan dunia digital. Namun, pada saat yang sama, kekuatan cetak terus berdiri tegak melawan dunia yang telah kehilangan apresiasi atas detail cetakan yang indah.


Bisnis masih memerlukan pencetakan kartu nama, pamflet, katalog, brosur, dll. Sebagai perusahaan atau bisnis, materi informasi dan materi promosi Anda mengirimkan pesan tentang perusahaan Anda.