• Ahmad Rifai

Pentingnya Offset Printing untuk Bisnis


Kemasan merupakan elemen penting dalam berbisnis. Saat Anda menawarkan produk ke target pasar Anda, kemasan adalah elemen pertama yang akan dilihat calon pelanggan sebelum membeli produk yang Anda tawarkan. Oleh karena itu, diperlukan suatu kemasan yang dapat menarik perhatian calon konsumen.


Di sinilah industri offset printing berperan penting. Agar konsumen tertarik dengan produk yang ditawarkan, tentunya dibutuhkan kemasan yang menarik dan unik. Tidak hanya itu, kemasan yang ideal tidak hanya harus memiliki tampilan yang unik, tetapi juga memiliki kualitas daya tahan yang baik. Intinya, kemasan yang baik harus baik luar dan dalam.


Sebagai salah satu bagian dari rantai pasok dalam penyediaan kemasan, industri offset printing harus menyediakan kemasan yang baik baik dari segi tampilan maupun kualitas.

Apa itu Offset Printing?

Banyak yang belum tahu apa itu offset printing. Padahal, offset printing merupakan salah satu teknik dalam proses pencetakan. Proses ini dilakukan dengan mencetak menggunakan gambar yang telah ditentukan sebelumnya. Gambar pertama kali ditransfer ke permukaan offset berbasis karet yang disebut pelat.


Teknik offset printing sudah banyak digunakan di industri yang membutuhkan hasil cetak berkualitas tinggi. Misalnya industri majalah, buku, koran, brosur, dan alat tulis yang sering Anda temukan.


Dalam prosesnya, bahan yang akan dicetak dipindahkan dari pelat ke lapisan karet dan kemudian dicetak di permukaan bahan. Karena offset printing menggunakan tinta basah, waktu pengeringan tidak instan setelah proses pencetakan selesai. Selain itu, berikut adalah keuntungan mencetak dengan teknik offset untuk bisnis Anda.


Apa Peran Penting Offset Printing untuk Bisnis?

  • Lebih Banyak Kemampuan Pencetakan Kemasan

Mencetak dengan teknik offset printing memang tidak sederhana atau mudah. Meskipun file materi yang akan dicetak sudah ada di komputer, namun tidak dapat dicetak secara otomatis pada materi.


Dibutuhkan proses pemindahan dari file digital ke pelat logam agar kemudian bisa dicetak di atas material. Cat yang digunakan juga cat basah, sehingga membutuhkan waktu yang lama untuk kering.


Namun, upaya ekstra ini sepadan dengan kemampuan cetaknya yang mampu memenuhi kebutuhan skala besar. Ketika bahan telah dipindahkan ke pelat logam, pelat ini akan digunakan untuk mencetak warna dari teks dan gambar ke bahan.


Dengan setiap pencetakan, operator mesin offset akan mengontrol aliran tinta dengan memutar tombol untuk memastikan kualitas cetak tetap pada tingkat yang optimal. Artinya, proses pencetakan tidak akan terganggu. Meski dalam jumlah banyak, tetap bisa dilakukan dalam waktu yang lebih singkat dengan kualitas yang konsisten.


Misalnya, Anda ingin mencetak kemasan berupa standing pouch plastik. Proses pencetakan menggunakan offset printing jauh lebih hemat dalam jumlah banyak sehingga tidak memakan banyak waktu dan biaya lebih terjangkau.

  • Lebih terjangkau

Salah satu keunggulan utama offset printing jika dibandingkan dengan pencetakan lainnya, termasuk pencetakan digital, adalah biaya rendah untuk cetakan berkualitas tinggi. Bahkan, semakin banyak pesanan untuk offset printing, semakin murah harganya.


Kualitas cetak yang tinggi dengan harga yang terjangkau sangat memungkinkan dalam industri offset printing. Selama bahan, isi, dan desain yang akan dicetak sama, biaya cetak akan lebih hemat.


Ini karena satu file desain hanya membutuhkan satu pelat logam yang dicetak. Ketika dicetak menjadi pelat logam, plat tersebut digunakan dalam produksi massal. Prosesnya, komputer membuat gambar di plat, kemudian plat digunakan untuk mencetak gambar berkali-kali pada media yang dipilih.


Salah satu jenis kemasan yang biasanya dicetak dengan teknik ini dengan biaya murah adalah kantong plastik dan standing pouch. Karena biaya yang dibutuhkan dalam proses pencetakan terjangkau, harga kantong plastik dan standing pouch menjadi lebih terjangkau.

  • Berbagai pilihan bahan cetak

Bila Anda menggunakan printer biasa untuk mencetak, media yang dapat dipilih terbatas pada kertas. Tentu hal ini akan menyulitkan ketika Anda ingin mencetak bahan di atas bahan lain.


Namun, jika Anda menggunakan mesin offset printing untuk mencetak, berarti Anda memiliki lebih banyak pilihan media cetak. Mesin offset printing dapat menampung bahan cetak pada berbagai media.