• Ahmad Rifai

Mengetahui Berbagai Hal Mengenai Offset Printing



Mengetahui Berbagai Hal Mengenai Offset Printing - Anda harus mengetahui definisi offset printing, terutama bagi anda yang membutuhkan jasa percetakan yang saat ini memberikan banyak keuntungan. Pesatnya perkembangan dunia percetakan berjalan seiring dengan meningkatnya permintaan, sehingga membuat industri percetakan semakin dilirik. Tak heran kini semakin banyak bermunculan tempat percetakan di beberapa wilayah indonesia.


Pengertian Offset Printing


Selain digital printing, offset printing juga banyak diminati karena mampu memberikan hasil cetak yang memuaskan dan diinginkan. Membahas pengertian offset printing, perlu anda ketahui bahwa offset printing adalah teknik pencetakan yang menggunakan gambar yang terlebih dahulu dipindahkan ke pelat offset berupa lembaran karet.


Ketika proses pencetakan dilakukan, maka akan menggabungkan proses litografi dimana proses ini didasarkan pada sifat minyak dan air yang tidak dapat bercampur. Teknik offset printing nantinya akan menggunakan flat image loader dan mencetaknya dengan mengambil tinta dari rol tinta. Sedangkan bagian yang tidak tercetak akan menarik air sehingga bebas tinta.


Pada proses offset printing yang melibatkan tinta basah harus melalui proses pengeringan, sehingga media cetak membutuhkan waktu yang cukup lama hingga benar-benar kering. Selain untuk memahami pengertian offset printing, cara cetak ini biasanya digunakan untuk mencetak dalam jumlah banyak. Bisa dikatakan offset printing merupakan teknik cetak yang paling ekonomis namun tetap memiliki kualitas hasil yang tinggi.


Mesin Offset Printing

Mesin untuk offset printing biasanya hanya dimiliki oleh printer atau perusahaan yang membutuhkan pencetakan skala besar. Pasalnya, harga mesin offset printing cukup mahal, sehingga biasanya tidak dimiliki oleh perorangan. Komponen mesin offset sendiri terdiri dari 5 elemen. Yang pertama adalah silinder pelat sebagai rumah pelat cetak. Lalu ada blanket cylinder untuk tinta perantara dari plat ke media cetak.


Ketiga, ada silinder impresi yang fungsinya untuk menempatkan media cetak. Keempat, tentunya ada tabung tinta, sebagai tempat menaruh tinta. Terakhir, ada tabung air untuk tempat memberi air untuk mengisi area non-gambar.


Keuntungan Offset Printing

Di indonesia, bisnis jasa percetakan offset sangat menjamur. Dan setahu saya, bisnis percetakan ini adalah salah satu dari sekian banyak peluang bisnis yang sangat menjanjikan. Hal ini dikarenakan kualitas hasil cetakan offset sangat baik dibandingkan dengan hasil cetakan lainnya. Dan karena itu, percetakan offset banyak diminati oleh masyarakat percetakan.


Kualitas bagus belum tentu unggul dalam hal lain, ada beberapa kekurangan dari percetakan offset ini. Ada banyak teknik pencetakan yang berbeda. Selain teknik offset printing, ada juga teknik cetak digital. Lalu kenapa harus memilih offset printing? Berikut beberapa kelebihannya:


Kecepatan Produksi Tinggi

Kecepatan cetak mesin offset printing sangat tinggi. Dalam 1 jam dapat mencetak hingga 15.000 halaman. Dibandingkan dengan teknik pencetakan lainnya, kecepatan ini sangat tinggi. Sehingga mesin offset sangat cocok untuk mencetak dalam skala besar. Pada prinsipnya, semakin cepat produksi percetakan, semakin efisien biaya operasionalnya.


Hasil Cetakan Sangat Berkualitas

Walaupun daya cetaknya sangat cepat, namun tidak mempengaruhi kualitas hasil cetakan. Justru hasil print sangat jelas dan tajam. Tetapi hasilnya juga tergantung pada ukuran desain dokumen. Jika resolusi desain rendah, hasil cetakan juga akan sesuai dengan resolusi. Namun jika resolusinya tinggi, maka hasilnya akan lebih sempurna.


Bisa Dicetak Di Berbagai Media Cetak

Anda dapat mencetak di berbagai media dengan teknik offset printing uv hybrid. Ada 3 media yang sering digunakan yaitu kertas, 3d lenticular, dan sintetis. Oleh karena itu, usaha percetakan offset ini dapat mencakup wilayah yang sangat luas karena sangat dibutuhkan hingga saat ini.


Bisa Mencetak Dalam Berbagai Ukuran

Saat ini ada dua pilihan ukuran mesin offset printing. Opsi pertama adalah 52 x 35 cm. Sedangkan opsi kedua berukuran 93 x 63 cm.


Lebih Hemat Dan Terjangkau

Harga mesin offset sendiri relatif mahal. Jadi untuk memilikinya cukup mahal. Namun jika kita menggunakan jasa offset printing, biayanya akan jauh lebih hemat. Ini karena produksinya sangat cepat. Sehingga untuk mencetak dalam skala besar, menjadi lebih murah menggunakan metode pencetakan ini. Jika anda sering membutuhkan cetakan dalam skala besar, offset printing adalah pilihan yang paling tepat.


Demikian ulasan tentang Mengetahui Berbagai Hal Mengenai Offset Printing, semoga bermanfaat.