• Ahmad Rifai

Pengaruh Teknologi Terhadap Percetakan Printing


Industri cetak tidak mendapatkan perhatian utama yang sama seperti yang disediakan untuk sektor teknologi lainnya seperti perangkat seluler, AI, dan Internet of Things tetapi industri ini mengalami transisi yang luar biasa dan patut diperhatikan. Industri cetak sebenarnya adalah salah satu sub-kategori paling dinamis dari industri teknologi yang lebih besar secara umum.


Ada alasan sederhana mengapa hal ini terjadi. Meski lebih dari tiga dekade telah berlalu sejak istilah paperless office pertama kali memasuki kesadaran publik, baru sekarang mulai menjadi kenyataan yang sah bagi bisnis yang menjalani transformasi digital. Namun, transformasi itu sendiri tidak cukup "tanpa kertas" seperti yang ditunjukkan oleh zeitgeist awal 80-an.


Faktanya, pencetakan lebih penting dari sebelumnya. Ini sebagian karena fakta bahwa bisnis tidak perlu lagi membuang sumber daya cetak untuk dokumen dan arsip berdampak rendah. Itu benar-benar telah benar-benar tanpa kertas, untuk menyenangkan para aktuaris kantor dan pemerhati lingkungan.


Kini, dunia percetakan berfokus pada kemudahan komunikasi, nilai produksi, dan efektivitas biaya. Semakin banyak bisnis dan perusahaan yang berinvestasi pada mesin cetak produksi yang berdampak tinggi dan bervolume tinggi daripada sebelumnya karena konsolidasi sumber daya cetak merupakan aset yang sangat berharga bagi organisasi.


Printer format lebar dan super lebar mendapatkan daya tarik di seluruh industri cetak, khususnya. Ini adalah perangkat yang mencetak spanduk, poster, rencana arsitektur, dan dokumen format besar lainnya.


Pengaruh teknologi terhadap percetakan printing. Teknologi baru berada di garis depan tren yang berkembang di industri cetak ini. Dari cara baru untuk menghemat uang pada proyek format lebar berdampak tinggi hingga metode baru dalam mengelola armada cetak yang canggih, ada lebih banyak opsi daripada sebelumnya dalam hal menerapkan layanan produksi cetak modern di lingkungan perusahaan.


Bagaimana Pengaruh Teknologi Terhadap Percetakan Printing?

Salah satu langkah maju terbesar dalam produksi cetak digital adalah penerapan solusi server cetak untuk printer produksi. Khususnya, mewakili langkah terobosan menuju otomatisasi dan produktivitas cetak setelah dirilis lebih dari satu dekade lalu.


Sekarang, beberapa perusahaan telah mengambil perangkat lunak servernya selangkah lebih maju, dengan merilis ujung depan digital yang diperbarui untuk printer inkjet format lebar. Antarmuka server cetak meningkatkan kecepatan layanan produksi cetak hingga lima kali lipat, dibandingkan dengan versi sebelumnya dari teknologi yang sama.


Ini adalah pertama kalinya tingkat fungsionalitas granular dan otomatisasi yang tersebar luas ini tersedia di industri cetak format lebar. Ini adalah momen unik bagi perusahaan yang mengandalkan pencetakan format lebar untuk menikmati efisiensi terdepan di pasar dan penghematan biaya yang telah dikembangkan oleh teknologi di bidang pencetakan lainnya.


  • Produsen Printer Besar Bersaing untuk Produksi Cetak

Konsolidasi merek-merek produsen besar di sektor percetakan produksi merupakan indikator kunci lain bahwa pasar untuk jasa percetakan produksi sedang berkembang. Beberapa produsen printer konsumen yang paling dikenal di dunia memperkenalkan atau memperluas jajaran produksi cetak mereka untuk memenuhi permintaan industri.


Xerox menggunakan otomatisasi proses robotik untuk meningkatkan efisiensi berbagai tugas terkait dokumen. Pabrikan menerapkan kemajuan ini dalam printer produksi terbarunya, seperti Versant 3100 yang terkemuka di industri, yang mampu mengotomatiskan proses kalibrasi warna dan resolusi kemacetan kertasnya sendiri.


HP merilis penerus printer Pagewide yang sangat populer , yang menawarkan pencetakan enam warna pada media yang dilapisi dan tidak dilapisi. Ini menawarkan peningkatan yang signifikan dalam produktivitas serta beberapa fitur hemat waktu untuk versi, personalisasi, dan lokalisasi.


Perkembangan ini hanya mewakili jenis perubahan yang akan dilihat publik di tahun-tahun mendatang dalam industri percetakan. Karena transisi digital semakin menempatkan dokumen reguler pada arsip digital yang dihosting cloud, inisiatif pemasaran berdampak tinggi lebih mengandalkan fleksibilitas dan kekuatan cetakan produksi.


  • Mempersiapkan Layanan Produksi Cetak Berkelanjutan Masa Depan

Perilaku pelanggan mengenai pencetakan format lebar berubah. Investasi lingkungan sangat memengaruhi ekspektasi konsumen, menyebabkan profesional dan produsen percetakan menyesuaikan strategi bisnis mereka agar sesuai. Lebih penting dari sebelumnya bahwa industri percetakan berfokus pada manufaktur dan material yang berkelanjutan.


Menurut beberapa pendapat 76 persen profesional percetakan mengatakan bahwa mereka membentuk strategi bisnis mereka seputar permintaan pelanggan untuk tanggung jawab lingkungan. 72 persen penyedia layanan produksi cetak telah berhasil berinvestasi dalam inisiatif keberlanjutan tanpa menaikkan harga, menunjukkan pola yang jelas untuk masa depan.