• Ahmad Rifai

Mengenal Macam-Macam Istilah Dalam Dunia Percetakan


Mengenal Macam-Macam Istilah Dalam Dunia Percetakan - dalam dunia percetakan penting untuk diketahui bagi anda yang ingin memasuki dunia percetakan atau ingin mengenal dunia percetakan lebih dekat. Tidak bisa dipungkiri bahwa dunia percetakan saat ini berkembang pesat dan menawarkan banyak keuntungan. Namun pastikan Anda memahami terlebih dahulu istilah-istilah dalam dunia percetakan untuk mempermudah menjalankan bisnis percetakan nantinya.


Apa Saja Istilah-istilah Dalam Dunia Percetakan Yang Perlu Diperhatikan?

Jika Anda ingin mengenal dunia percetakan atau bahkan membangun bisnis, Anda harus tahu terlebih dahulu di dunia percetakan. Setiap istilah memiliki arti yang berbeda dan berhubungan dengan produk yang akan dicetak. Untuk menambah wawasan Anda, berikut ini akan dijelaskan berbagai istilah yang perlu Anda ketahui.


1. CMYK

Dalam bidang desain, ada 2 format warna yang sering digunakan yaitu RGB dan CMYK. Namun format warna yang digunakan dalam pencetakan pada umumnya adalah CMYK. Singkatan dari Cyan, Magenta, Yellow, dan Black, CMYK berfungsi untuk menghasilkan warna yang berkualitas seperti pada monitor. Jadi, warna yang dicetak merupakan kombinasi dari keempat warna tersebut. Jadi, jika Anda ingin mencetak dokumen, Anda harus mengubah format warna dari RGB ke CMYK terlebih dahulu.


2. DPI

Selain CMYK, ada juga istilah DPI dalam dunia grafis. DPI adalah singkatan dari Dot Per Inch, istilah yang mengacu pada kualitas hasil suatu beton. Jika DPI meningkat pesat, maka kualitas gambar yang dicetak akan terlihat bagus dan jernih. Perlu diketahui, DPI standar yang digunakan dalam pencetakan umumnya berkisar antara 300 hingga 600 DPI. Namun, DPI yang besar juga akan memiliki ukuran file yang lebih besar.


3. Coated dan Uncoated Paper

Istilah ini mungkin tidak tersedia secara luas pada saat dicetak. Namun, jika Anda ingin mendapatkan kualitas yang akurat, Anda harus mencari tahu informasi tentang jenis dan bahan kertas. Nah, istilah-istilah tentang kertas coated dan uncoated yang perlu kamu ketahui sebelum mencetak dokumen. Kertas Coated adalah jenis kertas yang memiliki lapisan permukaan yang licin, karena hanya sedikit tinta yang menyerap ke dalam kertas. Contoh kertas yang dilapisi adalah Art Paper.


Sedangkan uncoated paper merupakan kebalikan dari coated paper. Jika kertas yang dilapisi memiliki lapisan pada permukaan kertas, kertas yang tidak dilapisi tidak. Sesuai dengan istilahnya, kertas uncoated adalah jenis kertas yang tidak memiliki lapisan pada permukaan kertasnya, sehingga hasilnya terlihat seperti kertas biasa. Contoh kertas jenis ini adalah HVS dan Koran.


4. Embossing dan Debossing

Bagi yang pernah mencetak produk untuk keperluan bisnis, pasti pernah mendengar istilah deboss dan emboss. Keduanya adalah teknik finishing yang berbeda. Baik embossed maupun debossed, sering digunakan untuk mencetak produk untuk keperluan bisnis dan perusahaan seperti kartu nama, katalog, company profile, dan lain-lain. Emboss adalah teknik finishing yang menghasilkan efek yang muncul pada objek di atas kertas. Sedangkan deboss adalah teknik finishing yang mengakibatkan tenggelamnya atau tenggelamnya benda di atas kertas.


5. Pengikatan Sempurna

Dalam percetakan, ada beberapa jenis teknik penjilidan atau binding. Salah satunya adalah perfect binding, yang mungkin belum banyak yang pernah mendengar istilah ini. Tidak seperti lakban atau penjilidan spiral, penjilidan sempurna menggunakan lem panas.


Jadi bisa dikatakan perfect binding adalah teknik penjilidan yang menggunakan lem panas. Teknik ini mampu menghasilkan finalisasi yang tahan lama, dan prosesnya relatif mudah. Contoh produk cetak yang sering menggunakan penjilidan sempurna adalah komik, novel, dan buku bacaan lainnya.


Ingin mencetak kebutuhan bisnis Anda di Gading Serpong? Anda bisa mengunjungi Instaprint Gading Serpong. Jika Anda memiliki keterbatasan waktu atau sibuk, Anda juga dapat mengirim file melalui WhatsApp, email, hingga sistem penyimpanan cloud seperti Google Drive, WeTransfer, atau Dropbox.


Pengiriman juga dapat dilakukan melalui Go Send atau Grab Send. Di Instaprint Gading Serpong, Anda dapat mencetak produk untuk kebutuhan bisnis dan lainnya dengan bahan dan hasil yang berkualitas.

Selain penjelasan di atas, sebenarnya ada banyak istilah dalam dunia percetakan yang perlu Anda ketahui. Namun sebagai pemula di dunia percetakan Anda bisa mempelajari istilah-istilah tersebut secara perlahan sambil memahaminya. Dengan begitu nantinya Anda akan lebih paham dan paham sehingga akan mudah untuk menerapkannya saat Anda berada di dunia percetakan.