• Ahmad Rifai

Mengenal Fungsi Dari Packaging Printing



Mengenal Fungsi Dari Packaging Printing - Saat akan membeli suatu barang, tentunya kemasan menjadi salah satu faktor utama dalam menentukan pilihan. Sebagai penutup, kemasan memang merupakan wajah dari seluruh isi yang ada di dalamnya. Oleh karena itu, pembuatan kemasan tidak boleh asal-asalan. Perusahaan yang baik pasti akan memasukkan desain kemasan ke dalam rencana perusahaannya.


Perubahan kemasan dapat berdampak pada perubahan citra perusahaan, sehingga mengubah kemasan pun membutuhkan waktu yang tepat dan juga memikirkan desain yang lebih baik. Tak heran jika banyak perusahaan besar mengadakan event besar, hanya untuk memperkenalkan perubahan pada kemasan produknya. Oleh karena itu anda harus mengetahui fungsi dari packaging printing.


Fungsi Dari Packaging Printing


Self Service

Pengemasan memberikan pelayanan kepada konsumen mengenai citra diri produk dalam kemasan. Semua informasi mengenai produk disampaikan secara singkat pada kemasan agar konsumen dapat memperoleh kesan pertama yang baik dan benar terhadap produk tersebut.


Company And Brand Image

Perusahaan mencoba memperkenalkan keunggulan produknya dan kekuatan perusahaannya dengan merancang desain kemasan yang sesuai dengan wajah perusahaan. Dengan demikian, konsumen menjadi lebih mengenal sosok perusahaan dan produk yang ditawarkannya.


Consumer Affluence

Dengan kemasan yang lebih menarik, konsumen akan rela merogoh kocek lebih dalam dari biasanya. Karena tampilan produk dapat membawa gengsi tersendiri dan ini menjadi daya tarik lain dari sebuah produk. Bahkan, tidak jarang orang lebih tertarik pada kemasannya daripada isi produknya.


Innovational Opportunity

Bentuk dan cara pengemasan yang unik dapat menguntungkan konsumen. Kemasan yang dapat digunakan kembali atau dapat difungsikan menjadi barang lain dan tidak hanya berakhir menjadi sampah akan menambah daya tarik produk tersebut.


Fungsi Protektif

Tidak dapat dipungkiri bahwa fungsi utama dari kemasan adalah untuk melindungi atau melindungi produk yang ada di dalamnya. Hal ini dikarenakan banyaknya gangguan eksternal yang dapat merusak suatu produk, seperti benturan pada saat pengiriman dan perbedaan suhu.


Fungsi Promosional Kemasan

Selain untuk melindungi, kemasan juga dapat digunakan sebagai media promosi. Promosi tidak hanya sebatas informasi perusahaan, tetapi juga promosi ide, cita-cita dan promosi tentang produk lain dan mitra perusahaan.


Tujuan Pengemasan (Packaging)


Barrier Protection

Dengan kemasan, produsen berharap ada batasan antara produk dengan sentuhan eksternal yang berpotensi menurunkan fungsi atau menurunkan kualitas. Kontaminasi dari debu, jamur, atau uap dapat dibatasi saat produk dikemas. Dengan demikian, kualitas produk dapat dipertahankan dan memiliki umur yang lebih panjang.


Physical Production

Dengan kemasan, produk terlindungi secara signifikan. Ada semacam benteng yang akan membantu produk agar tidak rusak saat terkena goncangan atau gesekan serta gangguan lain yang mungkin terjadi selama proses penyimpanan, pengiriman atau penggunaan.


Information Transmission

Dalam pengemasan, produsen berusaha menyampaikan informasi terkait cara merawat produk agar tidak terjadi penurunan kualitas akibat metode perawatan yang tidak tepat. Informasi juga dapat diberikan mengenai perawatan kemasan setelah menggunakan produk di dalamnya.


Containment Or Agglomeration

Untuk menjamin agar barang dapat ditangani secara efisien, baik saat disimpan, dikirim, maupun saat digunakan, produk-produk tersebut akan diklasifikasikan menurut klasifikasi tertentu. Hal ini akan menjadi lebih mudah ketika produk telah dimasukkan ke dalam kemasan yang berisi informasi terkait produk tersebut.


Reducing Theft

Walaupun kemasan yang mudah dibuka atau rusak sepertinya tidak terlalu aman untuk melindungi produk, namun di sisi lain kemasan semacam ini sebenarnya berguna untuk hal lain, yaitu mencegah pencurian. Dengan kemasan yang mudah rusak, produk dapat dikenali ketika sudah dibuka karena meninggalkan bekas, sehingga pencuri akan berpikir dua kali untuk membuka kemasan atau mengganti isi di dalamnya.


Convenience

Kemasan dapat memberikan rasa nyaman kepada konsumen saat menggunakan suatu barang. Misalnya, ketika mereka akan menikmati makanan siap saji yang panas, kemasan membantu konsumen untuk dapat terus menikmati makanan tanpa bersentuhan langsung dengan makanan yang panas tersebut. Kenyamanan juga bisa tercipta karena kemudahan membawa produk, kemudahan membuka tutup dan masih banyak kemudahan lainnya.


Marketing

Salah satu strategi pemasaran yang paling penting adalah pengemasan yang baik. Sebab, keamanan adalah hal pertama yang akan dilihat konsumen sebelum melihat komposisi, kegunaan dan lain-lain. Pengemasan yang baik juga akan menaikkan harga suatu barang.


Demikian ulasan tentang Mengenal Fungsi Dari Packaging Printing, semoga bermanfaat.