• Ahmad Rifai

Macam-Macam Mesin Percetakan Offset dan Keunggulannya


Dari tahun ke tahun, industri percetakan mengalami kemajuan yang sangat pesat-mesin-mesin yang digunakan. Ada berbagai macam mesin yang digunakan dalam dunia percetakan, salah satunya adalah mesin cetak offset. Simak ulasan cetak berikut untuk mengetahui macam-macam mesin offset dan keunggulannya.


Apa Saja Jenis-Jenis Mesin Cetak Offset dan Fungsinya?


1. Mesin Cetak Offset Kecil

Sesuai dengan namanya, mesin offset jenis ini memiliki ukuran fisik yang paling kecil dibandingkan dengan mesin offset lainnya. Mesin cetak yang dikenal dengan nama mini offset ini hanya mampu mencetak kertas dengan ukuran maksimal A3.

Karena ukurannya yang relatif kecil dan harga yang lebih terjangkau, offset mini banyak digunakan oleh industri percetakan rumahan acara kecil.


2. Mesin Cetak Offset Sedang

Mesin cetak offset medium ini memiliki ukuran yang sedikit lebih besar dari ukuran mesin offset mini, sehingga lebih sering diletakkan di lantai tanpa meja tambahan. Mesin ini banyak digunakan oleh industri percetakan spanduk dan undangan.


Mesin offset medium ini juga memiliki kemampuan untuk mencetak berbagai dokumen dengan ukuran maksimal double folio.


3. Mesin Cetak Offset Besar

Mesin cetak offset berukuran besar ini merupakan varian terbaik dari mesin cetak offset diantara tipe lainnya. Mesin ini mampu mencetak ukuran besar hingga ukuran A0. Waktu yang dibutuhkan untuk proses pencetakan menggunakan mesin offset juga relatif cepat, dengan kualitas cetak yang sangat baik, sehingga banyak digunakan oleh jasa percetakan buku, koran, atau majalah skala besar.


Keuntungan yang Ditawarkan oleh Mesin Cetak Offset


1. Lebih Banyak Kualitas Cetakan

Kualitas hasil cetakan akhir merupakan salah satu faktor pertimbangan ketika Anda akan mencetak suatu produk, baik itu poster, brosur, undangan, dan lain sebagainya. Untuk mendapatkan hasil cetak terbaik, mesin cetak offset menjadi pilihan yang tepat.


Warna yang diperoleh dari mesin ini akan lebih tajam dan jernih, serta tahan lebih lama, dan tidak mudah pudar. Keunggulan lain dari mesin cetak offset dibandingkan mesin cetak digital adalah kemampuan mencetak dengan warna grayscale yang lebih akurat.


Untuk hasil cetakan dengan tinta full block yang biasanya digunakan untuk desain tipe negatif, hasilnya juga lebih merata dan tajam.


2. Biaya Cetak Lebih Murah

Bagi Anda yang berkecimpung dalam bisnis percetakan, mesin offset adalah solusi yang tepat. Kemampuan mesin ini untuk mencetak dalam jumlah banyak dapat menekan biaya produksi yang harus Anda keluarkan, sehingga keuntungan yang diperoleh menjadi maksimal.


Bagi Anda pengguna jasa percetakan juga akan sangat diuntungkan, karena biaya cetak dalam jumlah banyak menggunakan mesin offset jauh lebih murah jika dibandingkan dengan biaya cetak menggunakan mesin digital printing.


3. Media Cetak Lebih Bervariasi

Mesin offset mampu mencetak di berbagai media cetak, mulai dari kertas tebal hingga ketebalan 400gr, atau kertas yang relatif tipis seperti kertas pada buku catatan NCR, Doorslag, dan HVS. Selain itu, dapat juga digunakan untuk mencetak pada kertas bermotif atau bertekstur, seperti Emboss, Samson, atau kertas daur ulang.


4. Tahan lama

Cetakan dengan teknik ini tidak mudah luntur meskipun sudah lama digunakan. Jadi tidak perlu khawatir jika nanti saat hasil print dipasang sesuai kebutuhan, cepat luntur dan harus diganti karena kualitasnya sangat awet. Dengan begitu Anda juga bisa menghemat pengeluaran karena tidak perlu mengganti cetakan yang sudah pudar saat digunakan.


5. Jenis Kertas Bukan Masalah

Jika sebelumnya Anda diuntungkan dengan tidak adanya batasan ukuran kertas yang dapat digunakan, maka cetak offset juga dapat diterapkan pada berbagai jenis kertas dengan tingkat ketebalan yang berbeda.


Maka akan lebih mudah untuk menyesuaikan kembali dengan kebutuhan penggunaan Anda. Semua jenis dan ukuran kertas dapat diselesaikan dengan kualitas yang baik dari jasa percetakan khusus.


6. Menguntungkan Untuk Digunakan

Dapat dikatakan teknik ini memiliki biaya plat yang relatif lebih murah, selain itu dapat diterapkan untuk mencetak dalam skala besar dengan kualitas yang tidak perlu diragukan lagi. Sehingga budget Anda bisa lebih hemat dan tidak sia-sia karena kualitas yang diberikan sangat optimal.