• Ahmad Rifai

Kriteria Dalam Memilih Tempat Print yang Bagus untuk Cetak Kemasan Produk Usaha


Memilih tempat percetakan yang tepat untuk mencetak kemasan produk bisnis Anda memang mudah dan sulit. Apalagi saat ini penyedia jasa digital printing sudah menjamur hingga ke pelosok desa. Saking banyaknya, kita sering bingung untuk memilih mana yang terbaik.


Anda juga akan membuang banyak waktu jika harus pergi satu per satu ke tempat printer yang ok untuk mencetak kemasan dengan kualitas produk yang baik. Untuk itu, tidak ada salahnya meminta rekomendasi dari teman atau mencari informasi di search engine sebelum memutuskan untuk datang ke percetakan.

Bagaimana Cara Memilih Tempat Print yang Bagus?


1. Memilih Layanan Pencetakan yang Tepat

Percetakan kemasan setiap perusahaan tentunya berbeda-beda, hal ini juga sejalan dengan produksi printer yang digunakan. Misalnya jika ingin mencetak sablon tentu tidak bisa mencetaknya menggunakan printer biasa.


Untuk itu, Anda harus mengetahui apakah lokasi printer pilihan Anda memiliki printer yang sesuai dengan kebutuhan pencetakan Anda. Anda bisa bertanya kepada karyawan di sana. Biasanya pemilik printer telah menyediakan beberapa mesin printer sehingga dapat mencetak beberapa jenis produk cetak yang dikemas.


2. Layanan Terbaik

Tentunya Anda menginginkan pelayanan yang terbaik dalam produksi kemasan produk Anda. Pelayanan yang baik bukan hanya tentang hasil akhir, tetapi juga bagaimana vendor memahami apa kebutuhan Anda sebagai pelanggan.


Anda pasti tidak suka dilayani oleh orang yang cuek, padahal harganya relatif murah. Tidak ada salahnya bertanya kepada orang yang sering melakukan percetakan kemasan, atau googling dulu informasinya.


3. Waktu dan Kualitas Timbal

Tips selanjutnya yang bisa menjadi pertimbangan Anda dalam memilih printer terbaik untuk kemasan Anda adalah waktu proses dan kualitas produk yang dihasilkan. Pasalnya, ada printer yang waktu pengerjaannya singkat namun hasilnya tidak rapi.


Sementara ada juga printer yang mencetak dengan rapi namun waktu pengerjaannya cukup lama. Patokan umum sebenarnya mudah. Jika tempat printer terkenal, maka kemungkinan besar mereka memiliki kualitas yang baik.


4. Harga Terjangkau

Memilih printer untuk mencetak kemasan produk Anda juga harus memikirkan masalah harga. Pasalnya, dengan harga yang terjangkau Anda bisa menggunakan sebagian anggaran pencetakan untuk promosi.


Namun, biasanya harga yang relatif mahal memiliki kualitas produk dan waktu pengerjaan yang tergolong baik. Namun, akan lebih baik jika Anda menemukan printer yang terjangkau dan memiliki kualitas serta waktu pengerjaan yang baik.


Cara untuk Cetak Kemasan Murah dan Efektif Bagi Bisnis Anda

  • Informasi lengkap tentang produk pada kemasan

Konsumen tentu ingin mengetahui produk yang ditawarkan. Oleh karena itu, Anda harus memberikan informasi sedetail mungkin tentang produk pada kemasannya. Saat mencetak kemasan, Anda perlu memperhatikan detail informasi ini dan tidak meninggalkan apa pun, mulai dari fungsi produk, komposisi, jenis produk, hingga tanggal kedaluwarsa.

  • Tidak perlu desain yang terlalu ramai

Ketika membuat desain, jangan memaksakan desain yang sibuk agar terlihat menarik. Konsumen lebih menyukai desain yang sederhana namun memiliki kesan tersendiri dan memiliki ciri khas yang membedakan dengan yang lain. Sebab, desain yang ramai justru akan membuat konsumen bingung.


Desain kemasan juga harus sesuai dengan siapa target pasar produk Anda. Misalnya untuk produk dengan pangsa pasar wanita, maka gunakan warna yang sesuai dengan tema. Yang paling penting adalah membuat desain kemasan yang mencerminkan merek Anda dengan sempurna.

  • Tambahkan gambar, font, dan warna yang menarik

Selanjutnya masih tentang desain dalam kemasan murah, perhatikan gambar, font, dan warna yang Anda pilih agar terlihat menarik. Mengingat orang Indonesia umumnya melihat kemasan dari perspektif visual, buatlah desain sedetail mungkin.


Gambar tidak selalu harus berhubungan dengan produk. Kamu bisa menggunakan karakter yang unik dan lucu agar gambar kemasan tidak terlihat kaku. Untuk font, kami sarankan menggunakan font yang sederhana dan mudah dibaca.


Dalam memilih warna, Anda bisa melakukan riset kompetitor terlebih dahulu. Warna apa yang paling sering digunakan? Warna mencolok dan cerah dapat dipilih karena dapat dengan mudah menarik perhatian konsumen. Apalagi jika dipajang di toko dengan produk lain. Inilah yang akan membedakan produk Anda.