• Ahmad Rifai

Apa Konten Yang Harus Ada di Dalam Brosur Printing?



Apa Konten Yang Harus Ada di Dalam Brosur Printing? - Brosur merupakan salah satu media promosi yang cukup efektif dalam memperkenalkan perusahaan dan produk kepada masyarakat luas. Selain brosur, tentunya masih banyak media lain yang bisa Anda gunakan untuk mempromosikan barang atau jasa, namun jika Anda membutuhkan media yang murah, sederhana dan efektif, maka tentu saja brosur adalah pilihan Anda.


Dalam memilih Brosur Printing sebagai media promosi, pastikan Anda menyampaikan pesan atau gambar yang sederhana dan jelas karena brosur memiliki media yang cenderung lebih kecil dari media lainnya. Untuk hal-hal yang dapat Anda sampaikan dalam membuat brosur untuk promosi, bisa berupa nama barang, harga atau gambar yang menunjukkan produk Anda.


Memberikan informasi yang singkat, padat dan jelas merupakan strategi promosi yang cukup efektif, karena jika memberikan informasi atau konten yang berbelit-belit dapat membuat pembaca merasa malas untuk membacanya sehingga melewatkan poin-poin penting yang Anda sisipkan dalam tulisan atau konten yang Anda bagikan.


Brosur memiliki fungsi yang sama dengan pamflet atau pamflet, yaitu suatu bentuk media penyebaran informasi yang tercantum. Penggunaan brosur juga dapat meningkatkan brand awareness, oleh karena itu anda perlu mengetahui apa isinya, untuk menciptakan tampilan yang menarik, sebelum mencetak brosur anda.


Apa Konten Yang Harus Ada di Dalam Brosur?


Nah, seperti yang dijelaskan, brosur sendiri memiliki keunggulan dalam memberikan informasi kepada target konsumen. Tentunya dalam tampilannya, brosur harus memiliki gambar, jasa, atau jasa yang ingin Anda tawarkan. Oleh karena itu, secara visual, Anda harus membuatnya semenarik mungkin agar calon konsumen yang dibidik dapat terus membaca hingga menjadi calon konsumen. Berikut hal-hal yang perlu dicantumkan dalam isi brosur yang ingin Anda buat.


Buat Judul Kreatif

Hal pertama yang dicantumkan dalam brosur adalah headline. Judul ini dibuat sekreatif dan semenarik mungkin agar dapat meningkatkan minat dan memberikan solusi (dari produk yang ditawarkan) terhadap permasalahan yang mereka rasakan.


Banyak orang yang menyepelekan headline dan langsung mendapatkan informasi dasar bisnisnya, pada kenyataannya kekuatan first impression sangat mempengaruhi apakah calon pembeli mau membaca atau tidak dari brosur yang disediakan. Misalnya kalau brosur makanan, biasanya headline berisi promo, diskon, atau gratisan. Oleh karena itu, isi headline juga disesuaikan dengan strategi yang telah dibentuk oleh tim marketing Anda.


Masukkan Logo Dan Tagline Perusahaan/Bisnis Anda

Kedua elemen ini, logo dan tagline, merupakan hal yang harus dicantumkan dalam brosur. Hal ini tentunya dapat menyebarkan identitas merek sekaligus meningkatkan kesadaran. Penempatannya juga perlu diperhatikan agar fokus pelanggan tetap pada informasi produk yang ditawarkan, namun pelanggan tetap dapat melihat bahwa brosur tersebut dari perusahaan Anda.


Tulis Deskripsi Produk Beserta Gambar

Tentunya Anda sudah tahu bahwa yang utama dalam brosur adalah deskripsi singkat tentang produk/jasa yang ditawarkan beserta gambar-gambarnya. Semakin baik gambar yang dilampirkan, brosur akan semakin menarik secara visual.


Tampilan desain juga disesuaikan dengan tema produk yang ditawarkan. Nah, dari segi informasi memang perlu ada, terutama mengenai detail produk. Sisakan sedikit ruang untuk menulis deskripsi produk agar bisa dibaca. Font dan warna juga dibuat datar atau tidak berlebihan untuk memudahkan pembaca.


Perlunya Ajakan Bertindak (CTA) Agar Pembelian Terjadi

Tentunya untuk melihat keberhasilan strategi pemasaran Anda yaitu membagikan brosur dapat diukur dengan melihat kontak dan penjualan yang masuk. Call to Action sendiri adalah sesuatu yang ada di sebagian besar brosur untuk memudahkan pelanggan menghubungi Anda.


Manfaat Cetak Brosur Untuk Kebutuhan Bisnis Anda

Jelas bahwa brosur tidak dibuat begitu saja tanpa alasan. Pentingnya brosur terletak pada fungsinya untuk memberikan informasi kepada khalayak sasaran, terutama mengenai detail yang diberikan. Meski sudah ada strategi digital marketing, penggunaan brosur tetap digunakan, bahkan oleh perusahaan besar sekalipun. Bagaimana menurut Anda, manfaat brosur dalam strategi pemasaran Anda?

  • Mudah dipasang di tempat yang ditargetkan.

  • Biaya produksi brosur relatif murah dibandingkan dengan cara lain

  • Dapat dibentuk sesuai dengan identitas merek bisnis

  • Dapat mengubah pembaca menjadi pelanggan dengan ajakan bertindak

Demikian ulasan tentang, Apa Konten Yang Harus Ada di Dalam Brosur Printing? Semoga bermanfaat.