• Ahmad Rifai

Keunggulan Jasa Percetakan Printing Offset


Pencetakan digital adalah proses di mana informasi digital ditransfer langsung ke format cetak tanpa langkah analog perantara. Misalnya, cetak foto yang Anda punya di komputer langsung di selembar kertas. Melalui metode pencetakan yang paling populer, menghasilkan kualitas tinggi dengan biaya lebih rendah daripada metode offset.


Printing offset adalah jenis percetakan yang menggunakan plat besi custom untuk mencetak konten ke bahan yang diinginkan. Cara ini disebut 'offset' karena tinta tidak langsung dicetak di atas kertas, melainkan ditransfer melalui gulungan karet.


Tinta CMYK ditambahkan ke plat besi. Piring kemudian menggulung gambar ke atas selimut atau gulungan karet, yang kemudian akan dicetak ke bahan yang Anda inginkan.


Pencetakan offset juga memungkinkan Anda menggunakan tinta khusus, seperti tinta metalik atau warna Pantone. Integrasi atau perpaduan warna sangat signifikan, memberikan detail yang cerah dan jelas serta kualitas terbaik yang tersedia.


Pencetakan offset membutuhkan waktu untuk mempersiapkannya karena setiap pelat harus disesuaikan. Selain itu, proses pencetakan relatif lebih lama. Metode pencetakan ini tidak disarankan untuk pencetakan skala kecil karena metode lain relatif lebih murah dan lebih cepat.


Namun, mengingat hasil produk akhir yang luar biasa dan profesional serta efisiensi saat dipasang, pencetakan offset adalah pilihan tepat untuk pencetakan dalam skala besar. Berikut ini keunggulan jasa percetakan printing offset.


Apa Keunggulan Jasa Percetakan Printing Offset?


1. Mengurangi biaya

Pencetakan digital memiliki banyak keunggulan. Salah satunya adalah pengurangan biaya cetak. Cetak offset cukup mahal dibandingkan dengan digital printing. Materi pemasaran seperti pamflet, formulir, brosur, dan kartu nama kini dapat dicetak secara digital dengan penghematan yang cukup besar. Selain itu, pencetakan warna dapat dilakukan seperti yang Anda lakukan dalam hitam putih.


2. Kecepatan

Dengan langkah-langkah pencetakan digital yang disederhanakan dan dikurangi, cetakan bisa diproduksi lebih cepat. Pencetakan digital tidak harus mengikuti proses konfigurasi yang diperlukan untuk pencetakan offset. Oleh karena itu, Anda bisa langsung mencetak pesanan Anda dan mengirimkannya di hari yang sama.


3. Kualitas Unggul

Dalam pencetakan digital, tidak akan ada masalah kualitas. Warnanya akan sebesar dan semarak seperti yang Anda inginkan. Garis akan lebih tajam dan hue atau shading dapat dikontrol hingga muncul level yang diinginkan. Selain itu, kualitas cetak tetap terjaga selama proses pencetakan, dari cetakan pertama hingga terakhir.


4. Fleksibilitas Pencetakan

Sebagian besar persyaratan pencetakan untuk usaha kecil dan besar ialah untuk tujuan pemasaran. Mereka semua bertujuan untuk menjangkau pasar yang berbeda untuk menguji sebuah produk.


Tips Memilih Jasa Cetak Online Terpercaya


Sebelum memesan di toko percetakan online, sebaiknya perhatikan tips memilih jasa percetakan online yang terpercaya dan berkualitas. Berikut rinciannya.

  • Komunikatif. Salah satu faktor yang menentukan dapat dipercayanya suatu jasa percetakan adalah komunikatif yang mudah dan terbuka. Sehingga ketika ada masalah dapat dihubungi dengan mudah dan jujur ​​serta bertanggung jawab. Ciri-cirinya antara lain mencetak nomor telepon, email dan juga media sosial.

  • Harga dan Kualitas Produk. Kualitas dan harga produk harus diperhatikan. Kalau harganya murah tapi kualitasnya jelek, ya jangan dipilih. Jika harganya terjangkau dan kualitasnya juga bagus, maka pesanlah jasa percetakan di sini. Salah satu faktor kualitas mesin cetak adalah bahan, finishing, dan berapa banyak orang yang mempercayai jasa percetakan.

  • Layanan yang baik. Selain harga dan kualitas cetak produk, ada juga hal yang harus diperhatikan. Artinya, pelayanan yang baik juga harus diperhatikan. Anda harus memastikan bahwa toko cetak online memiliki pelayanan yang baik. Anda dapat memeriksa ketika Anda menghubungi dan berbicara dengan admin pencetakan online.

  • Periksa Ulasan. Anda bisa mengecek apakah percetakan itu terpercaya atau tidak, berkualitas atau tidak, itu bisa dilihat dari jejak digital atau pengalaman seseorang yang pernah menggunakan jasa percetakan. Jika banyak yang bilang bagus, maka kemungkinan besar hasil cetaknya terpercaya dan berkualitas.

  • Dijamin. Salah satu ciri perusahaan percetakan yang handal dan bertanggung jawab atas kualitasnya adalah memberikan jaminan pencetakan produk. Kemudian pilih layanan pencetakan yang dijamin.