• Ahmad Rifai

Kenapa Printing Offset Lebih Banyak di Gemari Oleh Masyarakat?


Di era modern yang serba digital, membuat kita harus beradaptasi dengan berbagai aktivitas, termasuk percetakan. Bagi Anda yang memiliki usaha di berbagai bidang seperti makanan dan minuman, jasa, dan produk tentunya membutuhkan media promosi.


Bentuk media promosi dibedakan menjadi media cetak dan media online. Meski sekarang sudah serba online, kemungkinan masih dibutuhkan media cetak. Untuk itu, ada baiknya Anda memilih media promosi cetak yang sesuai dengan kebutuhan Anda.


Hal ini dapat dilihat dari jenis informasi yang ingin disampaikan, di mana ditempatkan, dan juga anggarannya. Dengan adanya printing offset maka semua itu akan menjadi lebih mudah. Cetak offset adalah teknik cetak yang membuat media gambar terlebih dahulu, sebelum dipindahkan ke piring berupa lembaran karet.


Ketika klien menyediakan file untuk dicetak, baik itu brosur atau kalender meja, layanan cetak offset terlebih dahulu akan membuat gambar sebagai film. Kemudian, gambar tersebut dipindahkan ke pelat karet sebelum akhirnya dicetak menggunakan tinta basah sesuai dengan jumlah pesanan. Berikut alasan kenapa printing offset lebih banyak di gemari oleh masyarakat.


Apa Saja keunggulan Printing Offset?

  • Kualitas warna pada percetakan offset lebih awet jika dibandingkan dengan jenis percetakan lainnya. Warna yang tidak mudah pudar sehingga aplikasi cetak offset bagus jika digunakan untuk mencetak buku, atau lainnya.

  • Pencetakan dapat dilakukan pada semua jenis permukaan kertas, yang tidak dapat dilakukan oleh mesin digital printing. Cetak offset dapat mencetak ketebalan kertas hingga 400 gram, dapat mencetak area dengan motif, dan dapat mencetak kertas dengan ukuran 100 x 70 cm.

  • Tidak hanya dengan kertas tebal, aplikasi cetak offset juga bisa mencetak pada bidang kertas tipis. Ini biasanya diterapkan pada buku catatan NCR, doorlag, dll.

  • Tidak hanya kertasnya saja yang bervariasi, untuk tinta yang bisa digunakan juga. Anda dapat menggunakan warna emas, perak, dan gradien. Ini akan membuat cetakan lebih akurat dan berkualitas.

  • Dengan cetak offset, Anda juga bisa mencetak menggunakan tinta full block. Hasil cetak akan lebih tajam, dan rata. Cetak dengan tinta full block biasanya digunakan untuk desain tipe negatif.

  • Dari segi harga, cetak offset lebih murah jika mencetak dalam jumlah banyak. Hal ini tentu tidak akan Anda dapatkan jika menggunakan jenis percetakan lain.

Proses Operasi Pencetakan Offset

Pada teknik dasar penerapan cetak offset, tinta ditarik melalui rol kertas, sedangkan bagian yang tidak tercetak akan menarik air. Ada tahapan yang perlu dilalui dalam proses cetak offset ini.


Yang pertama adalah tahap pra-cetak, tahap kedua adalah proses pencetakan, dan yang ketiga adalah proses finishing.


1. Tahap Pra-Cetak

Pada tahap pracetak ini ada hal yang perlu dipersiapkan yaitu film repro. Setelah repro film, Anda perlu melakukan perekaman piring. Pelat rekam adalah hasil film yang telah direkam yang prosesnya mirip dengan fotokopi.


Plat aluminium akan dipasang pada mesin cetak dan Anda perlu menyiapkan kertas sesuai pesanan. Pada tahap pracetak terakhir, Anda perlu menyiapkan berbagai warna tinta sesuai kebutuhan. Siapkan juga alkohol, air mancur, dan lain-lain. Jika semuanya sudah siap, maka langkah selanjutnya adalah proses pencetakan.


2. Tahap Pencetakan

Setelah pra-cetak, selanjutnya adalah tahap pencetakan. Awalnya, Anda perlu menyiapkan pelat yang telah dirancang untuk dipasang pada mesin cetak. Semua kebutuhan yang telah dipersiapkan.


Sebelumnya ditempatkan pada tempatnya masing-masing sesuai dengan fungsinya. Tinta juga harus dipasang pada tempatnya sesuai dengan warna tinta yang dipesan. Jika sudah selesai, maka mesin siap dijalankan.


3. Proses Penyelesaian

Dalam proses finishing ini, hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah memotong kertas sesuai permintaan Anda. Anda juga perlu merapikan tepi kertas dan perlu dihias sesuai kebutuhan.


Jika produk yang dipesan adalah amplop, maka Anda juga perlu menyediakan perekatnya. Selain itu, Anda juga perlu melakukan laminasi agar hasil cetak lebih impresif. Tidak hanya itu, pemotongan kertas dengan bentuk yang unik juga menjadi bagian dari finishing.