• Ahmad Rifai

Kelebihan Percetakan Printing Dibandingkan Dengan Printing Manual


Percetakan Printing adalah suatu metode dalam percetakan modern yang melibatkan teknik percetakan sebagai media transfer antar bahan ke media cetak. Secara lebih umum, pengertian percetakan printing dapat disimpulkan sebagai proses pencetakan gambar yang telah dirancang ke dalam bahan atau media fisik.


Hadirnya teknologi terkini dalam dunia percetakan tentunya akan berdampak positif pada berbagai tugas percetakan. Dimana para pelaku usaha jasa percetakan kini dapat melakukan teknik percetakan secara professional dengan menggunakan printer laser atau dengan inkjet.


Tentunya hasil yang didapat akan lebih cepat, hemat waktu dan lebih terjangkau. Tak heran kini hampir semua printer sudah mulai menggunakan percetakan printing untuk menyelesaikan pesanan dari konsumen.


Sebenarnya percetakan printing sudah berkembang sejak tahun 1990-an yang membuat mesin percetakan printing semakin berkembang hingga sekarang. Perkembangan zaman juga membuat percetakan printing dapat digunakan untuk media cetak dari bahan semi plastik untuk outdoor seperti baliho, spanduk, umbul-umbul dan lain sebagainya.


Perkembangan dunia percetakan printing memberikan banyak keuntungan bagi pemilik usaha karena media promosi dapat dibuat semenarik mungkin dengan biaya yang lebih murah.

Apa Saja Kelebihan Percetakan Printing Dibandingkan Dengan Printing Manual?


1. Memotong Biaya Produksi

Percetakan printing jauh lebih murah daripada printing manual. Teknik ini sangat cocok bagi Anda yang ingin mencetak brosur, atau media lain untuk kebutuhan promosi. Teknik ini jauh lebih hemat biaya.


Meski harganya murah, konsumen tetap perlu menghitung jumlah produksi percetakan untuk promosi. Jangan terlalu banyak agar media promosi tidak terbuang percuma.


2. Kemudahan Operasi dan Produksi

Melakukan pencetakan kini menjadi lebih cepat, mudah, dengan hasil yang optimal. Dibandingkan dengan teknik pencetakan lainnya, pencetakan secara percetakan jauh lebih singkat. Keunggulan ini dapat mempercepat proses produksi.


Dengan begitu, Anda bisa mencetak lebih banyak sehingga bisa mendapatkan keuntungan yang lebih besar. Selain itu, prosesnya juga sangat cocok bagi pemula. Karena, Anda bisa mempelajarinya dengan mudah. Mencetak dengan teknik ini bahkan sangat mudah menggunakan printer rumahan.


3. Menghasilkan Cetakan Lebih Sempurna

Dibandingkan dengan proses cetak manual, hasil cetak percetakan printing jauh lebih tajam. Teknik ini mampu meningkatkan hasil cetak bagi konsumen. Percetakan Printing mampu menghasilkan kualitas yang lebih baik karena prosesnya telah dioptimalkan.


Karena proses pencetakan dilakukan secara langsung dari perangkat ke media. Namun, jika Anda ingin mencetaknya, pastikan Anda menggunakan sumber gambar yang bagus. Pasalnya, jika gambar yang ingin dicetak tidak tajam, maka hasilnya tidak akan maksimal.


4. Tidak Membutuhkan Banyak Pekerja

Bagi Anda yang ingin membuka bisnis percetakan, teknik percetakan bisa menjadi solusi bisnis terbaik. Karena Anda tidak membutuhkan banyak pekerja di awal. Anda bisa mencetaknya sendiri karena relatif mudah.


Teknik ini juga sangat cocok bagi Anda yang ingin membuka usaha percetakan online. Dengan begitu Anda tidak perlu mengeluarkan banyak uang untuk membayar tenaga kerja.


5. Proses Merubah Desain Sangat Mudah

Ketika konsumen ingin mengubah desain yang ingin dicetak, maka Anda dapat dengan mudah memprosesnya. Selama Anda belum mencetaknya, Anda dapat mengubah bahan desain yang Anda gunakan sesuai keinginan.


Lain halnya jika Anda memilih proses pencetakan manual, seperti cetak offset. Pasalnya, media cetak manual masih menggunakan plat. Setelah desain ada di piring, Anda tidak dapat mengubahnya.


Semua pekerjaan yang Anda lakukan di awal proses diproses melalui komputer. Dengan begitu, Anda bisa mengubah desain dengan cepat dan mudah tanpa harus mengeluarkan biaya tambahan.


6. Sesuai kebutuhan

Selain menggunakan komputer, percetakan printing juga biasanya menggunakan software tertentu untuk digunakan saat mengatur proses pencetakan. Software ini membantu agar bahan cetakan bisa sesuai dengan yang benar-benar dibutuhkan sehingga tidak ada lagi kemasan atau kemasan produk yang tertinggal.


7. Proses Pencetakan Ramah Lingkungan

Anda tidak perlu menggunakan banyak kertas untuk memproses percetakan printing. Kertas hanya digunakan sebagai media transfer gambar yang telah diproses di komputer.


Nah, itulah dia pembahasan tentang kelebihan percetakan printing dibandingkan dengan printing manual. Dengan adanya artikel ini semoga dapat membantu dan bermanfaat bagi para pembaca.