• Ahmad Rifai

Mengenal Jenis - Jenis Kertas Printing Majalah



Mengenal Jenis - Jenis Kertas Printing Majalah - Kertas sendiri sudah menjadi bagian penting dari kehidupan manusia, tidak hanya untuk kebutuhan belajar mengajar. Kita sering menggunakan kertas itu sendiri, seperti saat berbelanja, memarkir kendaraan, membayar tagihan, atm dan memasuki jalan tol. Semua yang kita terima berupa kertas kuitansi, tidak hanya itu kertas juga digunakan untuk membungkus makanan kita.


Kertas pertama kali dikembangkan oleh bangsa Cina. Dengan ditemukannya karya tulis ini telah merubah kebiasaan masyarakat dalam mendokumentasikan tulisannya yang terbiasa menulis melalui media kain, batu, tulang, dan daun. Di Indonesia dulu digunakan untuk mendokumentasikan melalui daun lontar. Kertas tidak hanya digunakan sebagai media menulis, seperti kertas tisu yang fungsinya untuk membersihkan dan juga kertas dapat digunakan sebagai benda seni seperti origami.


Pernahkah Anda mengalami ketika Anda telah mendesain dan siap untuk mencetak, Anda bingung memilih jenis kertas yang tepat untuk desain Anda? Jika sudah seperti itu kita harus memahami jenis-jenis kertas yang terdapat di sebuah percetakan. Kertas yang digunakan untuk mencetak majalah, brosur, undangan dan sebagainya harus berbeda.


Khusus untuk percetakan majalah memang harus tahu kertas mana yang cocok dan cocok. Kertas yang digunakan untuk sampul majalah dan isi majalah berbeda karena sampul bisa lebih tebal dari isinya. Pada artikel kali ini, Mavis akan menjelaskan jenis-jenis kertas yang sering digunakan untuk Printing Majalah.


Jenis - Jenis Kertas Printing Majalah


Art Paper

Jenis kertas ini memiliki permukaan yang halus, putih, halus dan glossy. Kertas jenis Art paper ini sering digunakan untuk sebuah brosur, poster, bagian isi majalah, bagian profil perusahaan, dan juga bisa bagian isi buku yang memerlukan gambar secara lebih detail. Gramasi mulai dari 85gr, 100gr, 115gr, 120gr dan 150gr. Kertas ini memang terkesan lebih mewah, apalagi dengan tambahan laminasi glossy atau dov.


Art Carton

Kertas ini memiliki tekstur yang halus, putih, licin, mengkilap, dan tebal. Kertas ini biasa digunakan untuk kartu nama, sampul buku, sampul majalah, company profile, poster, sertifikat, dus produk, undangan dan lain-lain. Untuk kartu nama dan cover buku sendiri sangat cocok menggunakan kertas dengan ketebalan 260 gsm.


HVS

Kertas ini memiliki tekstur yang halus, putih, dan juga tipis dengan ketebalan mulai dari 60 gsm, 70 gsm, 80 gsm dan juga 100 gsm. Kertas Hvs ini termasuk kertas yang biasa digunakan oleh kantor dan juga sekolah sebagai laporan kerja, tugas sekolah, majalah, dan bisa juga digunakan untuk media kertas untuk sebuah buku.


Tips memilih Jasa Printing Majalah Terbaik


Harga

Cara pertama untuk memilih printer yang bagus adalah dengan membandingkan harga dari masing-masing layanan Printing, semakin murah layanan pencetakan semakin baik. Karena setiap perusahaan atau jasa Printing lainnya pasti memiliki budget yang sudah ditentukan oleh perusahaan agar bisa menghitung budgetnya.


Tentukan budget kemudian cari tempat Printing yang cocok dengan membandingkan harga jasa Printing dan pastikan Anda mendapatkan harga terbaik diantara yang memberikan pemasaran serupa. Ada cara yang lebih mudah yaitu dengan menggunakan jasa cetak online, biasanya perusahaan jasa cetak online sudah mencantumkan price list di websitenya sehingga Anda bisa lebih mudah membandingkan harga yang mereka tawarkan dengan produk sejenis.


Review

Sebelum Anda memilih printer untuk membuat stiker label produk Anda, pastikan Anda telah memeriksa ulasan perusahaan sehingga Anda dapat menilai perusahaan sebelum melakukan pemesanan dengan perusahaan tersebut. Tidak hanya itu, dalam memilih perusahaan label, Anda juga bisa meminta atau meminta rekomendasi dari teman Anda tentang jasa Printing terbaik.


Kualitas

Kualitas hasil cetakan tentunya harus diperhatikan secara serius, karena setiap perusahaan menginginkan hasil yang sangat bagus dan berkualitas. Oleh karena itu, pastikan jasa Printing yang Anda pilih memiliki hasil cetakan yang baik dan berkualitas agar Anda tidak kecewa dengan perusahaan tersebut.


Garansi

Perusahaan Printing yang baik dan profesional umumnya akan menjamin hasil kerjanya. Biasanya pihak Printing akan memberikan garansi uang kembali atau penggantian produk jika tidak sesuai dengan hasil pekerjaan atau barang tidak sesuai dengan permintaan Printing anda, karena sering terjadi kesalahan seperti warna yang tidak sesuai dan juga ukuran yang tidak sesuai. tidak pas, tidak rapi dan sebagainya.


Demikian ulasan tentang, Mengenal Jenis - Jenis Kertas Printing Majalah. semoga bermanfaat.