• Ahmad Rifai

Hal-Hal yang Harus Diketahui Sebelum Mencetak Kemasan


Kemasan cetak memiliki beberapa cabang yang cukup luas. Jadi, alih-alih membahas detail teknis tentang cara kerja proses pencetakan, artikel ini akan lebih fokus menjelaskan apa itu pencetakan kemasan atau pencetakan kemasan. Selain itu, artikel ini juga akan membahas kelebihan dan kekurangan masing-masing metode pencetakan, jenis pencetakan, dan tips yang perlu Anda perhatikan sebelum mencetak kemasan. Salah satu proses penting dalam menjalankan bisnis berbasis produk adalah percetakan kemasan.

Apa Saja Hal-Hal yang Harus Diketahui Sebelum Cetak Kemasan?

  1. Berbagai Metode Pencetakan Kemasan

Ada banyak metode yang bisa diterapkan dalam proses pencetakan kemasan. Semua cara di bawah ini sudah umum digunakan, yang masing-masing memiliki kualitas dan harga yang berbeda.

  • Pencetakan Flexographic

Metode pencetakan ini adalah salah satu metode yang paling sering digunakan untuk mencetak kemasan. Flexography menggunakan karet fleksibel atau pelat polimer untuk mentransfer gambar ke papan bergelombang seperti stempel karet mekanis.


Tinta yang digunakan biasanya berbahan dasar udara yang cepat kering. Ini memungkinkan kecepatan cetak yang lebih tinggi. Sementara itu, kualitas cetak tergantung pada banyak variabel dalam desain kemasan dan dipengaruhi oleh daya serap bahan cetak.


Karena pencetakan flexo umumnya digunakan untuk teks lurus atau gambar grafik 1-2 warna, metode ini tidak disarankan untuk desain grafis kemasan resolusi tinggi.

  • Sablon

Sablon adalah proses pencetakan kemasan yang dimasukkan melalui layar yang dipasang pada bingkai. Stensil layar (kertas buram) pada area gambar terbuat dari bahan berpori yang memungkinkan cakupan tinta penuh pada papan bergelombang.

  • Litho-Laminasi

Metode litho-laminating adalah mencetak selembar kertas dengan offset atau printer digital. Berbagai macam dekorasi seperti laminating, varnishing, foil stamping, embossing atau debossing, spot UV juga dapat diaplikasikan dengan metode ini.


Kertas yang sudah dicetak kemudian direkatkan ke papan bergelombang dengan menggunakan perekat berbahan dasar air. Papan laminasi litho kemudian diubah menjadi persegi.


Proses ini menghasilkan resolusi yang sangat tinggi, gambar yang tajam dan warna yang cerah. Metode ini cocok untuk Anda yang mencari hasil akhir yang berkualitas tinggi

  • Label Stiker

Jika Anda perlu mencetak sedikit kemasan, stiker label adalah salah satu pilihan terbaik Anda. Label lembaran yang dicetak direkatkan ke permukaan luar bahan bergelombang. Hasil cetaknya glossy dan rapi, sehingga kemasan Anda terlihat lebih menarik dan profesional.

  1. Jenis Hasil Cetak Kemasan

  • Cetak Kemasan Produk

Jenis kemasan ini sangat penting dalam bisnis penjualan, apalagi jika produk yang Anda jual masih tergolong baru di pasaran. Untuk itulah Anda perlu mencetaknya dengan desain yang seindah dan semenarik mungkin agar konsumen dapat melihatnya.

Setiap konsumen menganggap kemasan produk Anda cukup menarik, sehingga niat beli mereka juga akan meningkat. Apalagi jika dibarengi dengan kualitas produk yang baik, kemungkinan konsumen akan merekomendasikannya kepada orang lain juga akan meningkat.


Untuk mencetak kemasan produk yang baik dan berkualitas, perhatikan terlebih dahulu desain dan bentuk kemasan serta bahannya. Pastikan desain kemasan produk Anda sesuai dengan tujuan branding Anda.


Kemasan produk biasanya terdiri dari kotak produk, kotak kardus, kotak keras (pita, magnet, silinder, slide, jendela, dan dua potong), kotak pizza, dan banyak lagi.

  • Cetak Kemasan Makanan

Sesuai dengan namanya, kemasan ini digunakan sebagai pelapis atau pembungkus makanan. Dalam menjalankan bisnis makanan, desain kemasan makanan sangat mempengaruhi daya tarik konsumen untuk membeli produk makanan Anda. Oleh karena itu, mencetak kemasan makanan tidak boleh sembarangan.


Anda harus memastikan cocok dengan jenis makanannya, karena jenis kemasan yang berbeda juga dibutuhkan. Misalnya, pengemasan antara burger dan kentang goreng pasti membutuhkan pengemasan yang berbeda, baik dari jenis bahan maupun bentuknya.


Ada banyak jenis kemasan makanan, antara lain paper bowl, lunch box, paper cup, paper tray, rice box, cake box, hingga sealer cup. Jenis bahannya pun bermacam-macam, ada yang terbuat dari kertas, plastik, kardus, dan kardus.


Anda tinggal memilih sesuai dengan kebutuhan produk Anda. Namun, pastikan memilih bahan yang sudah teruji foodgrade agar aman dikonsumsi. Untuk menambah kesan unik dan berbeda pada produk pesaing, Anda bisa mencetak kemasan makanan dengan nama produk atau desain logo untuk memperkuat branding bisnis Anda. Dan masih banyak jenis yang lainnya.