• Ahmad Rifai

Dampak Positif Printing Offset Terhadap Gaya Hidup


Printing offset paling sering digunakan untuk proyek yang membutuhkan kualitas tinggi, seperti majalah, buku, koran, brosur, dan alat tulis. Meskipun metode pencetakan ini umumnya terlalu mahal untuk proyek sederhana seperti selebaran atau kartu nama, keuntungan pencetakan offset mungkin persis seperti yang dibutuhkan proyek volume tinggi Anda.


Terminologi pencetakan sering kali tampak rumit dan membingungkan, tetapi pencetakan offset adalah salah satu yang sebaiknya Anda pelajari. Singkatnya, printing offset mengacu pada proses di mana komputer membuat gambar Anda pada pelat logam, yang digunakan untuk mencetak gambar Anda ke materi Anda.


Keuntungan pencetakan offset sangat banyak, membantu menciptakan produk akhir yang akan Anda banggakan. Lihatlah dampak positif printing offset terhadap gaya hidup yang dapat membantu Anda memutuskan apakah cetak offset adalah pilihan yang tepat untuk proyek Anda berikutnya:


Apa Saja Dampak Positif Printing Offset Terhadap Gaya Hidup?


1. Pencetakan lebih cepat untuk pekerjaan volume tinggi

Meskipun ada beberapa tambahan yang terlibat dalam pembuatan pelat logam dan pengaturan peralatan, itu sepadan dengan pekerjaan ekstra dalam hal kecepatan untuk pekerjaan volume tinggi.


Printer standar beresiko kehabisan kertas atau tinta selama siklus pencetakan atau mencetak gambar pudar saat tinta hampir habis. Namun dengan cetak offset, operator printer dapat mengontrol aliran tinta dengan memutar tombol untuk memastikan kualitas cetak Anda tetap pada tingkat yang optimal.


Ini berarti pekerjaan cetak Anda cenderung tidak terganggu, yang dapat memastikan Anda mendapatkan jumlah besar dalam waktu yang lebih singkat daripada printer langsung.


2. Pencetakan berkualitas tinggi

Dengan pencetakan offset, Anda dapat mengharapkan gambar cetakan berkualitas tinggi setiap saat. Operator printer dapat mengontrol aliran tinta, yang berarti ada lebih sedikit cetakan yang terbuang yang tidak memberikan kontras yang cukup dalam gambar. Hasilnya, Anda mendapatkan gambar yang bersih dan tajam di setiap bagian.


3. Biaya lebih rendah untuk pekerjaan volume tinggi

Salah satu keuntungan utama pencetakan offset adalah biaya rendah untuk cetakan berkualitas tinggi. Ini lebih murah daripada metode rotogravure atau photogravure, dua metode yang menawarkan kualitas sedikit lebih tinggi tetapi tidak selalu sepadan dengan biaya tambahan.


Semakin banyak Anda perlu mencetak selama setiap siklus, semakin sedikit biaya untuk memproduksi setiap bagian.


4. Pelat cetak murah

Setiap pekerjaan cetak akan mengharuskan perusahaan percetakan untuk membuat pelat cetak yang disesuaikan untuk proyek Anda. Dengan teknologi saat ini, pelat relatif murah dan mudah dibuat dan dapat digunakan hingga satu juta kali (atau lebih, dalam beberapa kasus) yang membantu menjaga biaya tetap rendah.

Ini jauh lebih murah per potong daripada pencetakan langsung, ditambah Anda mendapatkan kualitas yang tak tertandingi .


5. Berbagai bahan cetak

Salah satu keuntungan pencetakan offset yang lebih menarik, metode pencetakan ini bekerja untuk banyak permukaan pencetakan. Anda dapat mencetak proyek Anda di atas kulit, vinil, kain, logam, berbagai jenis kertas dan stok kartu, kayu, dan plastik. Anda dapat membuat proyek yang benar-benar unik karena Anda tidak terbatas hanya pada kertas.


6. Batasan Printing Offset

Dalam printing offset, tinta dari pelat cetak logam ditransfer ke pelat karet. Ini menambahkan langkah ekstra untuk proses pencetakan. Karena langkah tambahan tambahan ini, manajemen waktu menjadi masalah nyata terutama ketika seseorang harus mencetak item kemasan pada menit terakhir.


Jika Anda ingin mencetak informasi alamat, telepon, dan detail teks lainnya secara terpisah untuk setiap dokumen, kemasan, atau surat, maka printing offset akan menghabiskan lebih banyak uang dan waktu. Di sisi lain, jenis pencetakan seperti itu dapat dilakukan dengan mudah dan tepat waktu dengan pencetakan digital.


Printing offset bukanlah pilihan yang lebih baik untuk pencetakan pendek. Seperti yang disebutkan sebelumnya, cetak offset menghemat banyak uang untuk pencetakan skala besar, tetapi dalam hal pencetakan pendek, pencetakan digital selalu lebih baik.


Nah, itulah dampak positif printing offset terhadap gaya hidup, dengan adanya artikel ini semoga bisa membantu dan bermanfaat dikemudian hari.