• Ahmad Rifai

Cetak Offset Lebih Digemari Oleh Masyarakat


Cetak offset lebih digemari oleh masyarakat - Salah satu kesalahpahaman umum yang dimiliki masyarakat umum tentang industri percetakan adalah bahwa hal itu sedang dihentikan oleh industri digital. Namun, sama seperti kita terus bergerak maju dengan kemajuan digital, teknologi cetak juga bergerak dengan cara menjawab panggilan zaman.


Permintaan untuk fungsionalitas yang lebih cepat, tidak rumit, dan lebih mudah diakses tumbuh, dan pencetakan diadaptasi tidak hanya dengan beralih ke digital tetapi juga dengan menyediakan layanan sesuai permintaan.


Cetak offset adalah proses cetaknya menggunakan tekhnik tradisional yang telah digunakan selama bertahun-tahun. Ia bekerja dengan mengetsa gambar ke pelat logam dan menggunakan pelat tersebut untuk mengoleskan tinta ke substrat seperti kertas.


Ini sering digunakan pada operasi volume tinggi untuk menghemat biaya dan pekerjaan khusus yang membutuhkan citra tajam dan berkualitas tinggi. Sedangkan pencetakan digital dapat dilakukan langsung dari file digital (umumnya PDF), offset memerlukan pembuatan pelat baru untuk setiap pekerjaan cetak, yang membutuhkan pengeluaran uang tunai awal yang lebih tinggi.


Tetapi itu tidak berarti pencetakan digital selalu lebih murah. Meskipun harga sangat bervariasi tergantung pada jumlah kata, ukuran kertas, jenis kertas, penjilidan, dan sejumlah faktor lainnya, dengan offset, biaya per unit turun seiring dengan meningkatnya proses pencetakan.


Cetak digital adalah Pencetakan digital pertama kali diperkenalkan oleh seorang pakar. Ketika diperkenalkan ke dunia, sangat mengejutkan bagi orang-orang yang terbiasa dengan pencetakan offset tradisional.


Pencetakan digital adalah teknologi yang sangat berkembang dan terus berlanjut hingga hari ini. Salah satu perbedaan yang mendasar antara pencetakan digital dan offset adalah bahwa pencetakan digital tidak memerlukan penggunaan pelat. Ini menggunakan muatan elektrostatik dan panas untuk menggabungkan toner langsung ke stok kertas.


Mengapa Cerak offset lebih digemari oleh masyarakat?


Cetak offset diminati oleh masyarakat karena memiliki kelebihan dibandingkan cetak digital yaitu:


Kelebihan Pencetakan Offset

  • Harga hemat biaya pada proyek volume tinggi

  • Konsistensi warna yang baik dari tahap ke tahap

  • Ketersediaan warna dan tinta khusus

  • Rentang yang lebih luas dari bahan yang kompatibel

  • Lembaran berukuran lebih besar

Bagaimanapun cetak offset memiliki kelebihan,namun cetak offset juga memilki kekurangan yakni:

Kekurangan Pencetakan Offset

  • Biaya untuk memulai printer offset menjadikannya pilihan yang mahal untuk pencetakan volume rendah

  • Tidak memiliki kemampuan dan fleksibilitas untuk membuat karya yang dipersonalisasi dengan variabilitas

  • Waktu produksi seringkali lebih lama

Pengalaman menggunakan pencetakan offset

Masih ada permintaan untuk cetak offset dan kami adalah penggemar beratnya. Saat ini, ia masih menawarkan solusi paling hemat biaya untuk volume tinggi dan kualitas keseluruhan. Teknologi belum seinovatif di bidang ini, tetapi itu mungkin berubah karena produsen cetak offset tradisional berupaya bersaing dengan pesaing pengganti di pasar dengan menyesuaikan model bisnis mereka.


Kesimpulan


Meskipun terutama penyedia layanan memelihara hubungan dengan beberapa printer offset; jika seorang penulis memasukkan pesanan dengan print run yang cukup tinggi ke dalam sistem, sebuah perusahaan akan menghasilkan penawaran offset yang kompetitif.

Saat ini, perbedaan antara offset dan digital pada dasarnya hanyalah kuantitas.Ketika Anda berpikir tentang bagaimana melakukan suatu pekerjaan, hal utama yang perlu dipertimbangkan adalah print run, dan jika Anda melakukan print run besar, lebih bijaksana secara pembiayaan untuk melakukan cetak offset.


Tetapi jika sebuah buku memiliki pertimbangan khusus ukuran kertas tidak beraturan, gambar atau foto berwarna, reproduksi berkualitas tinggi, atau sisipan, kemungkinan besar tidak akan memberikan fleksibilitas yang cukup. Jika buku sangat visual dan menyertakan gambar atau foto, proses offset akan menawarkan reproduksi yang lebih baik.


Walau bagaimanapun secara cepat menunjukkan seberapa jauh teknologi pencetakan digital telah berkembang dalam beberapa tahun terakhir. Kualitas buku hitam-putih rata-rata yang dicetak sesuai permintaan hampir tidak dapat dibedakan dari cetakan offset.Akan tetapi Pencetakan offset telah memantapkan tempatnya dalam pencetakan karena kualitas dan efisiensinya.


Sedangkan kekurangan yang dimiliki oleh cetak offset aalah tidak bisa mencetak dalam volume yang kecil,biaya yang cukup mahal, serta waktu produksi biasanya cukup lama dibandingkan cetak digital.