• Ahmad Rifai

Apa itu Cetak Offset dan Keunggulannya


Cetak offset ialah salah satu dari berbagai teknik pencetakan yang banyak dipilih oleh masyarakat, terutama oleh perusahaan dan organisasi. Hal ini memang dikarenakan berbagai keunggulan yang dimiliki oleh percetakan offset itu sendiri. Apalagi saat ini Anda juga bisa menemukan banyak printer yang menawarkan layanan ini.

Mengenal Cetak Offset

Jadi, apa itu cetak offset? Cetak offset adalah teknik pencetakan yang menggunakan media gambar terlebih dahulu, sebelum dipindahkan ke piring berupa lembaran karet. Ketika klien menyediakan file untuk dicetak, baik itu brosur atau kalender meja, misalnya, layanan cetak offset pertama-tama akan membuat gambar sebagai film.


Kemudian, gambar tersebut dipindahkan ke pelat karet sebelum akhirnya dicetak menggunakan tinta basah sesuai dengan jumlah pesanan. Dalam proses cetak offset terdapat proses yang disebut dengan litografi.


Proses ini memanfaatkan ketidak bercampuran air dengan minyak bagian yang tercetak akan “menyedot” tinta dari rol tinta, dan bagian yang tidak tercetak akan “menarik” air sehingga tidak ada tinta yang menempel. Setelah proses pencetakan selesai dilakukan proses pengeringan.


Keunggulan dari Pencetakan Offset


1. Ukuran kertas tidak terbatas.

Dengan ukuran kertas yang seolah tak terbatas, Anda juga dapat memesan cetakan untuk berbagai jenis barang dalam berbagai ukuran yang Anda inginkan. Ini dapat dikatakan sebagai keunggulan utama dari jasa cetak offset.


2. Detail cetakan yang optimal.

Saat Anda memasukkan pesanan, tentu Anda sudah mempunyai desain yang akan dicetak pada media tertentu, seperti kertas. Nah, salah satu keunggulan cetak offset adalah berbagai detail desain bisa dioptimalkan.


Misalnya, Anda bisa mendapatkan efek garis tipis, gradasi warna, hingga teks kecil yang tercetak dengan baik dan jelas. Keakuratan ini merupakan salah satu keunggulan cetak offset.


3. Hasil cetakan tahan lama.

Tentu Anda ingin hasil cetakan yang Anda buat tidak mudah hilang atau pudar dan bisa bertahan lama bukan? Dengan pencetakan offset, ini tidak berarti tidak mungkin. Bahkan, keindahan hasil cetak akan tetap terjaga, bahkan dalam jangka panjang sekalipun. Salah satu alasannya adalah kualitas hasil cetakan yang tidak mudah pudar.


4. Jenis kertas tidak dibatasi untuk pencetakan.

Bukan hanya ukuran kertasnya saja yang tidak ada batasnya, jenis kertasnya sendiri juga sangat bervariasi. Jadi, Anda pasti bisa mendapatkan hasil cetakan yang 100% berkualitas dan tahan lama, apapun jenis media kertas yang Anda gunakan atau seberapa tebalnya.


5. Lebih terjangkau untuk mencetak dalam skala besar.

Memang cetak offset sangat direkomendasikan bagi anda yang ingin mencetak dalam jumlah yang banyak. Oleh karena itu, harga piring akan relatif lebih terjangkau. Oleh sebab itu, tidak heran jika banyak organisasi atau perusahaan memilih untuk memanfaatkan jasa cetak offset ini.


Proses Teknik Cetak Offset

Dalam prosesnya, desain yang sudah disiapkan akan dibakar di atas pelat aluminium dengan tinta basah. Warna dasar yang digunakan adalah CMYK yang merupakan singkatan dari Cyan (biru), Magenta (merah), Yellow (kuning), Black (hitam) dan warna tinta bermerek khusus.


Pelat aluminium yang berisi desain tercetak terlebih dahulu akan dipindahkan ke pelat offset dalam bentuk selimut karet. Selanjutnya, karet blanket akan digulung ke media cetak yang diinginkan, misalnya kertas. Aliran tinta dari pelat karet ke media ini disebut offset.


Cetak offset disebut juga lithography atau cetak datar karena posisi permukaan media yang mencetak dan permukaan bagian yang tidak dicetak sama tingginya. Prinsip yang digunakan dalam teknik cetak offset adalah prinsip bahwa minyak dan air tidak dapat dicampur.


Prosesnya berupa gaya tolak menolak antara air dan tinta, dimana bagian yang tidak mencetak akan menarik air untuk mengusir tinta, sedangkan bagian yang mencetak akan menarik tinta untuk mengusir air.


Karena melibatkan tinta basah, maka proses pengeringannya juga memakan waktu yang lama bahkan sampai berhari-hari agar tinta pada media benar-benar kering. Cetak Offset sangat cocok untuk mencetak dalam skala besar atau kuantitas karena biaya yang sangat ekonomis.


Di antara teknik pencetakan lainnya, cetak offset memiliki kualitas yang tinggi dan memiliki konsistensi yang baik untuk pencetakan dalam skala besar.